Sadiq Khan, Walikota Muslim Pertama di Inggris

sadiq-khan-4SADIQ Khan telah dilantik sebagai walikota muslim pertama di London pada Sabtu (7/5/16). Khan memenangkan suara tertinggi, setelah berhasil mengalahkan saingan terdekatnya Zac Goldsmith.

Berbicara pada upacara pelantikannya di Katedral Southwark, Khan menyatakan kebanggannya menjadi walikota baru kota “terbesar di dunia” itu.

“Saya ingin setiap orang di kota London memberikan kesempatan kepada saya dan keluarga untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat London. Saya tidak hanya ingin memberikan masyarakat mendapatkan kesempatan untuk bertahan hidup, tapi juga untuk berkembang,” janji Khan, seperti dikutip dalam Aljazeera, Sabtu (7/5/16).

Khan memenangkan pemilihan pertama dengan suara 44 persen lebih unggul dari saingannya Goldsmith yang mendapatkan suara 35 persen. Kemudia kandidat partai buruh tersebut juga berhasil memenangkan suara pada pemilihan 57 persen lebih unggul dari Goldsmith yang mendapatkan suara 43 persen.

Pimpinan Partai Buruh Jeremy Corbyn mengucapkan selamat atas kemenangan Khan pada hari Jumat (6/5/16) malam.

Sebelum memenangkan suara tertinggi, jalan yang ditempuh Khan tidak mudah. Pasalnya saingannya Zac Goldsmith selalu mengkaitkan ekstrimisme karena keyakinan Khan. (Ip/*FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *