Sekda:Belum Ada Laporannya. Kelanjutan Proyek Multiyears

PEKANBARU– Dampak daripada rasionalisasi anggaran membuat sejumlah proyek multiyears di Pekanbaru terhambat realisasinya.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru, Muhammad Noer, kepada watawan akhir pekan kemarin menjelaskan hingga saat ini belum mendapatkan laporan soal proyek tahun jamak atau multi years dilingkungan Pemko Pekanbaru.
“Belum sampai ke kita laporanya, baru ditingkat mereka (SKPD),”kata M Noer. Meski belum mendapatkan laporan dari dinas teknis, namun M Noer memastikan sejumlah proyek tahun jamak tersebut tetap dilanjutkan pembangunannya tahun ini.
“2017 ini tetap kita anggarkan, memang tidak besar, tapi tetap akan kita anggarkan secara berkelanjutan, supaya tidak stagnan, yang wajib-wajib tetap kita anggarkan,”katanya.
Seperti pembangunan gedung induk perkantoran Tenayan Raya, kemudian Rumah Sakit Umum Daerah Kota Pekanbaru, dan pembebasan jalan lingkar luar dengan sistem konsolidasi tanah tetap menjadi prioritas ditahun ini.
“Tapi sebelum memulai melanjutkan pembangunan itu harus dilakukan audit dulu. Kita sudah ajukan itu dilakukan audi,  itu dinas teknislah yang lebih tau,”ujarnya.
Seperti diketahui, proyek multiyears Pemerintah Kota Pekanbaru menelan dana sebesar Rp 1,4 triliun. Dana itu terdiri dari dana pembangunan Perkantoran Pemko di Tenayan Raya, pembangunan SMP Madani dan SMK Teknologi, pembangunan RSUD Pekanbaru, dan pembangunan jalan lingkar luar.
Proyek tersebut menelan tiga tahun anggaran APBD Pekanbaru (2014-2016). Dari semua kegiatan multiyears itu, pembangunan Perkantoran Pemko merupakan proyek yang paling banyak menelan dana, yakni sekitar Rp700 miliar.
Selebihnya, pembangunan SMP Madani Rp42 miliar dan SMK Teknologi Rp60 miliar, pembangunan RSUD Pekanbaru Rp90 miliar dan jalan lingkar luar sekitar Rp400 miliar. Sementara untuk multiyears sampah, menelan anggaran sebesar Rp53 miliar. Pada APBD-P 2015 dianggarkan Rp2,8 miliar. Sisanya dianggarkan pada APBD murni 2016.  (*/FR)
Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *