Sepi Pelamar, Jadwal Rekrutmen Formasi Guru PPPK Diperpanjang

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.* /ANTARA

FULLRIAU.COM – Mulai tahun 2021, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka kesempatan bagi guru untuk menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Namun, hingga saat ini menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo, formasi Guru PPPK yang tersedia masih lenggang.

“Sampai dengan saat ini, baru 174.077 formasi Guru PPPK yang telah diusulkan oleh Pemerintahan Daerah (32 Provinsi, 370 Kabupaten, dan 89 Kota),” ujar Tjahjo Kumolo sebagaimana dikutip dari Antara News.

Imbas dari pendaftar formasi Guru PPPK yang masih sepi, pemerintah putuskan untuk memperpanjang jadwal rekrutmen.

“Sehingga pengajuan usulan untuk formasi guru PPPK akan diperpanjang sampai dengan 31 Desember 2020,” tutur Tjahjo Kumolo.

Tjahjo Kumolo juga menyampaikan anggaran gaji bagi guru di daerah yang lulus dalam seleksi PPPK 2021 akan dijamin kelayakannya.

Untuk formasi PPPK sendiri, guru pelamar minimal berusia 20 tahun dan maksimal 59 tahun.

Sebagaimana diketahui, PPPK 2021 nanti juga terbuka lebar untuk guru honorer.

Informasi tersebut telah disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Nadiem Makarim dalam Rapat Kerja Komisi X DPR RI dengan Mendikbud RI.

“Kami pertama kali mengumumkan rencana untuk membantu memastikan bahwa guru-guru honorer se-Indonesia yang sudah berjasa, tapi juga memiliki kompetensi minimum yang layak,” tutur Nadiem Makarim, dikutip dari Youtube DPR RI.***

Editor: Wadami
Sumber: ANTARA

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *