SMKN2 Produksi 6 Teknologi Tepat Guna

Kepala Sekolah SMKN 2 Dumai menyerahkan tong sampah kepada kepala sekola SMPN 1 Dumai, Kamis (14/4)
Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Dumai, Juzmilita menyerahkan tong sampah kepada kepala sekolah SMPN 1 Dumai, Kamis (14/4).

DUMAI–Masyarakat Indonesia khususnya Dumai dituntut agar lebih kreatif dan Inovatif dalam menciptakan suatu peluang yang berguna untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Peluang inilah yang sedang dilakukan peserta didik Sekolah Menegah kejuruan (SMK) Negeri 2 Dumai.

”SMK Negeri 2 Dumai lagi disibukkan memproduksi teknologi tepat guna sesuai kebutuhan masyarakat. Salahsatunya memproduksi tong Sampah. Para siswa yang dibina para guru itu, berusaha memanfaatkan barang bekas menjadi sesuatu yang berguna bagi kebutuhan masyarakat,” ungkap Kepala Sekolah SMKN 2 Dumai, Juzmilita Spd MIP didampingi Wakil Sarana dan Prasarana, Jaminur.

Bayangkan bekas kaleng cat saja kata mantan Kepala SMKN 4 Dumai ini, anak-anak berinovasi mensulap jadi tong sampah yang berguna untuk kebersihan.

”Dan hasil produksi tong sampah tersebut, kita pun telah menyalurkan kebeberapa sekolah seperti SMPN 1 Dumai,” jelasnya dengan penuh bangga, Kamis(14/4).

Menurut Dosen STT ini lagi, produksi Tong sampah ini didaur ulang oleh siswa kita dijurusan pengelasan, mesin, dan publikasi logam. Apalagi, moment ini bertepatan dengan adanya penilaian Adiwiyata Tingkat Provinsi untuk SMKN 2 Dumai.

Selain tong sampah, sambung Wakil Sarana yang kerap disapa JM itu, siswa SMKN 2 juga berkarya menciptakan mesin bakar lemang, kupa sabut kelapa, mesin perajang daun, pemanggang, alat penusuk kelapa.Semua produksi teknologi tepat guna sudah banyak permintaan dari pihak luar.

”Mudah-mudahan karya yang dihasilkan SMKN 2 Dumai ini,dapat menjadi sesutu dorongan bagi siswa untuk terus berkarya, mengingat zaman sekarang ini kita memang dituntut untuk lebih kreativ, dan inovatif.Kemudian semoga saja dalam penilaian Adiwiyata SMKN dumai meraih point tertinggi,” harap Juzmilita. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *