Terpapar COVID-19, Eko Suharjo Cawako Dumai tak Ikuti Debat Kandidat

Empat pasang calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota Dumai memperlihatkan nomor urut peserta Pilkada 2020 di Dumai, Riau, Kamis (24/9/2020). (ANTARA/Aswaddy Hamid)

FULLRIAU.COM — Eko Suharjo, Calon Walikota Dumai Nomor Urut 2 dinyatakan positif terpapar virus corona dipastikan tidak ikut dalam pelaksanaan debat kandidat digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai pada Kamis (12/11).

Komisioner KPU Dumai, Parno Sali mengatakan debat kandidat dilaksanakan secara tatap muka oleh empat pasangan calon kepala daerah, dan tidak diatur melalui video atau virtual.

“Debatnya dibuat secara tatap muka, dan kami sudah menerima surat pemberitahuan sakit calon walikota Eko Suharjo dari tim pemenangan,” kata Parno, Rabu.

Dijelaskannya, selain dibuat tatap muka, pelaksanaan debat dilakukan secara protokol kesehatan pencegahan Corona Virus Disease 2019 atau COVID-19 dan jumlah tamu undangan dibatasi.

KPU Dumai hanya mengundang empat paslon walikota dan wakil walikota dengan jumlah rombongan boleh ikut hanya empat orang, kemudian tiga komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), satu moderator, dan para kru penyiaran serta petugas pengamanan.

“Protokol kesehatan pencegahan COVID-19 akan dijalankan ketat, dan setiap paslon hanya boleh membawa empat orang,” sebut Parno.

Diberitakan sebelumnya, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Riau menyatakan Calon Walikota Dumai Eko Suharjo positif COVID-19 dan harus menjalani isolasi .

“Eko Suharjo calon walikota Dumai saat ini tengah diisolasi karena terpapar COVID-19. Otomatis yang bersangkutan tidak bisa kampanye karena kondisinya masih dirawat,” kata Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan di Pekanbaru, Selasa (10/11).

Dampak dari terkonfirmasinya Eko, maka jadwal kampanye debat yang dijadwalkan pada Kamis 12 Oktober 2020 besok jadi pembahasan KPU untuk kelanjutannya.

Bawaslu mengingatkan paslon lain agar tetap menjaga protokol kesehatan dalam setiap tahapan kampanye, dengan menerapkan 4M yakni menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan.

KPU Kota Dumai menetapkan empat pasang calon walikota dan wakil walikota peserta Pilkada Dumai Tahun 2020, yaitu Hendri Sandra-Rizal Akbar Nomor Urut 1, Eko Suharjo-Sarifah (2), Paisal-Amris (3) dan Edi Sepen-Zainal Abidin (4). ***

editor: Wadami

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *