Tertarik Pembangkit Listrik Tenaga Pasang Air Laut

AIR PASANG2SELATPANJANG –KRISIS listrik di Meranti saat ini terus mengganggu kenyamanan semua kalangan masyarakat Meranti, tidak hanya masyarakat, pemerintah daerahpun harus bisa berpikir keras untuk mengatasi hal tersebut, apatahlagi orang nomor satu di Meranti saat ini. tidak tanggung-tanggung PJ Bupati Kabupaten Kepuluan Meranti Edy Kusdarwanto sempat mengatakan ketertarikannya guna mengembangkan pembangkit listrik tenaga pasang air laut.

Penjabat Bupati Kepulauan Meranti, Edy Kusdarwanto mengatakan, Meranti memiliki potensi yang tinggi dalam pemanfaatan energi pasang surut air laut ini, akan tetapi sumber energi ini sama sekali belum termanfaatkan dengan baik. Menurutnya, untuk pendanaannya, bisa saja diajukan kedalam Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Energi Perdesaan yang dialokasikan untuk daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan pembangunan energi terbarukan.

“Namun potensi ini masih dalam pengkajian yang lebih mendalam agar bisa digunakan dengan maksimal. Terkait pendanaan untuk penelitian masih dilakukan secara pribadi, tidak menggunakan APBD dan belum dimasukan dalam RAPBD.Saat ini telah dilakukan pengkajian di beberapa titik lokasi,dan yang melakukan kajian tersebut adalah anak saya sendiri yang kebetulan merupakan alumni ilmu kelautan di ITB,”ujarnya.

Menurut Edy, posisi Meranti yang berbentuk kepulauan menciptakan teluk yang sempit sangat strategis untuk mengembangkan energi baru terbarukan itu sebagai salah satu upaya mengatasi krisis kelistrikan yang ada di daerah. Edy mengungkapkan, prinsip yang dikembangkan pada aplikasi teknologi pemanfaatan energi arus laut dengan memanfaatkan perbedaan tinggi rendah air laut saat pasang dan surut dan arus pasang surut terutama pada selat-selat yang kecil.Ia menyebutkan, seharusnya Meranti meniru beberapa negara yang telah berhasil melakukan instalasi pembangkit energi listrik dengan memanfaatkan energi arus dan pasang surut, mulai dari prototype turbin pembangkit hingga mencapai turbin skala komersial, seperti yang telah dibangun di Australia, Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Lebih jauh Edy menjelaskan, keuntungan penggunaan energi arus laut adalah selain ramah lingkungan, energi ini juga mempunyai intensitas energi kinetik yang besar dibandingkan dengan energi terbarukan yang lain. Keuntungan lain pembangkit listrik tenaga arus laut kata Edy adalah tidak perlu perancangan struktur yang kekuatannya berlebihan seperti turbin angin yang dirancang dengan memperhitungkan adanya angin.Edy juga menantang para investor pembangkit listrik yang  ingin mengembangkan energy terbarukan itu di Meranti, pemerintah siap memberikan kemudahan berinvestasi.”Kami siap bekerja sama kepada pihak yang ingin berinvestasi terkait pembangkit listrik energi baru terbarukan itu,” katanya.(*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *