Tim Pusat klarifikasi BKB Pelita Hati Kampung Rantau Panjang

Misnari Syamsuar selaku Pengelola kelompok BKBK melihat Ketua Kelompok BKB Pelita Hati menjawab pertanyaan dari Tim Penilai dari PusatKOTO GASIB-Bupati Siak di wakili Asisten Administrasi Umum Jamaludin bersama Ketua PKK Kabupaten Siak Misnarni Syamsuar mendampingi Tim Penilai Pusat lomba kelompok Bina Keluarga Balita Tingkat Nasional tahun 2015, untuk melaksanakan klarifikasi lapangan di Kampung Rantau Panjang Kecamatan Koto Gasib, Senin (07/12). Pelaksanaan kunjungan lapangan ini dilakukan setelah ditetapkannya Kampung Rantau Panjang sebagai salah satu nominasi 5 (lima) besar regional barat, dan berhasil sebagai juara pertama pada tingkat Provinsi Riau.

Dalam sambutannya Jamaluddin mengatakan Pemerintah Kabupaten Siak mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang memberikan bantuan dalam mewujudkan kegiatan ini, terkhusus kepada Kelompok BKB Pelita Hati dan masyarakat Rantau Panjang yang telah berpartisipasi aktif.

“Suatu kebanggaan karena Kampung Rantau Panjang diberi kepercayaan untuk mewakili Riau dalam Lomba BKB Tingkat Nasional tahun ini, harapan kita semua tentunya dapat meraih predikat terbaik ditingkat nasional pada kompetisi ini.” ungkap Jamaluddin.

Ia berharap Tim Penilai Pusat dalam melaksanakan penilaian dapat memberikan penilaian secara objektif. Kalau ada kelemahan dan kekurangan kami mohon petunjuk dan bimbingan Tim Penilai dari Pusat.

Kasubbid Monitoring BKB dan Anak BKKBN Pusat Sundusiah selaku Koordinator Tim Penilai menyebutkan pemberian penghargaan ini bukan hanya sebagai bentuk apresiasi kepada kelompok BKB saja, melainkan agar program yang diberikan untuk masyarakat benar-benar bermanfaat.

“Dengan kemandirian dari kelompok BKB nya yang berusaha untuk tetap eksis dan sampai benar-benar mampu untuk mencerdaskan masyarakat kita ini, itulah yang di harapkan dari kegiatan ini”, kata Sundisiah.

Selain itu dirinya menambahkan bahwan penghargaan ini di bagi menjadi dua wilayah, yaitu wilayah Barat dan wilayah timur. Untuk wilayah Barat adalah Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Riau dan Sumatera Barat. BKB Pelita Hati Kampung Rantau Panjang ini masuk nominasi 5 (lima) besar regional barat, jelasnya. Apapun hasilnya harus tetap bersemangat dalam memberikan pendidikan usia dini kepada anak-anak dan orang tuanya, dan untuk informasi pemenang tanggal 17 nanti kita umumkan.

Rombongan Tim Penilai Pusat juga diterima Kepala BP3AKB Arfan Usman, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Siak Rasidah Alfedri, Camat Koto Gasib, Penghulu kampung Rantau Panjang Nasrun dan pada kader kelompok BKB Pelita Hati. Kegiatan tersebut berlangsung di halaman BKB Pelita Hati kampong Rantau Panjang.

Sebelum menuju ke lokasi acara, Pengurus PKK Pusat Pokja II Mayam dan Tim BKKBN Pusat langsung mewancarai Ketua TP PKK Siak Misnarni Syamsuar terkait pengelolaan kelompok BKB Pelita Hati di kediaman Camat Koto Gasib.

Sebagai Pengelola BKB se Kabupaten Siak Misnarni selalu turun kelapangan untuk mengevaluasi kelompok-kelompok BKB tersebut. Salah satunya kelompok BKB Pelita Hati yang diharapkan mampu membawa nama kabupaten Siak ditingkat Nasional.

Menurunya, ini adalah salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kesadaran orang tua serta anggota keluarga lain dalam membina tumbuh kembang balitanya melalui rangsangan fisik, gerakan halus dan kasar, kecerdasan, sosial, emosional serta moral yang berlangsung dalam proses interaksi antara ibu atau anggota keluarga lainnya dengan anak balitanya.

“Bagi kami menang atau kalah bukanlah menjadi tujuan, tapi bagaimana mempersiapkan sumber daya manusia harus dilakukan sejak dini, dan hal tersebut lebih diutamakan mengedepankan peran keluarga. Peningkatan peran keluarga dalam pembinaan tumbuh kembang anak menjadi satu hal yang penting bila dikaitkan dengan penyediaan sumber daya manusia yang berkualitas,” tutur ibu dari tiga orang anak ini. (rls/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *