Tim Sri Mersing Juara Gasing Kampung Rempak Cup II

gasing2SIAK– Dalam ajang Tournamen Gasing Kampung Rempak Cup II secara resmi ditutup Wakil Bupati Siak Drs H. Alfedri MSi, Jumat (16/9) kemarin dilapangan semi permanen gasing didepan mesjid Ar-rahmat kwalian.

Tim Sri Mersing tampil sebagai juara setelah berhasil mengalahkan tim dari Buatan II A Kecamatan Koto Gasib dengan skor tipis 35-31, sedangkan untuk pemenang tempat ketiga berhasil diraih tim Lunak dan untuk tempat keempat diraih tim Pegas dari Siak.

Pada kesempatan yang sama turut hadir Anggota DPRD Siak Sujarwo, Lurah Kampung Rempak Nurul Adha serta seluruh peserta.

Wakil Bupati Siak H Alfedri mengatakan permainanan gasing ini mendapat perhatian serius dari pemerintah, karena permainan gasing tersebut merupakan permainan gasing tradisional yang masih banyak di minati oleh masyarakat.

“Gasing Ini akan kita promosikan saat acara Tour de Siak 2016. Selain kompang, gasing juga akan kita tampilkan dihadapan Menteri Pariwisata saat pembukaan Tour de Siak nantinya,” ujar Alfedri.

Alfedri juga berharap kedepannya program gasing ini akan berlanjut sampai ke generasi penerus supaya permainan rakyat ini tidak pupus dikenang zaman.

“Kedepannya, permainan gasing ini kalau bisa jangan sampai diacara Bupati Cup saja. Namun kembangkan lagi sampai ketingkat Nasional bahkan internasional,” pukasnya.

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana H Arifin mengatakan tujuan diadakannya permainan gasing ini adalah untuk silaturahmi, karena permainan gasing ini tidak mengenal umur, yang muda dan yang tua pun ikut bermain.

“Kedepannya akan kita adakan turnamen gasing tingkat anak-anak, supaya permainan gasing ini bisa dikenal dalam dunia pendidikan. Kami juga ada wacana ke pemerintah untuk memasukkan kurikulum permainan gasing ini ke jam pelajaran ekstrakurikuler,” terang Arifin.

Didalam turnamen yang digelar dari 6 September 2016 lalu, sebanyak 26 tim ikut mengambil bagian, selain tim dari Kabupaten Siak, tim Okura dari Pekanbaru pun ikut mengambil bagian untuk merebut uang tunai dengan total keseluruhan sebesar Rp 5 juta beserta tropi dan piagam tersebut.(*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *