UMK 2017, Diprediksi Naik 8,4 persen

ilustrasi-uang-rupiah_20160805_201125DUMAI –Tahun depan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Kota Dumai diperkirakan akan naik 8,4 persen atau sebesar Rp2,6 Juta dari UMK saat ini yakni Rp2,4 Juta. Rencana tersebut disampaikan oleh Anggota Dewan Pengupahan, Zulfan Ismaini ketika berbincang bincang mengatakan berdasarkan hasil rapat pertama dengan seluruh pihak terkait diprediksi UMK Dumai akan naik lagi tahun depan.

Ia mengatakan, kenaikan 8,4 persen tersebut sudah diprediksi. Pasalnya, parameter yang digunakan adalah Peraturan Pemerintah (PP nomor 78 tahun 2015). ” Kita nantinya mau tidak mau harus berpatok pada aturan yang telah ditetapkan pemerintah Pusat atau sesuai PP “,katanya

Namun besaran angka tersebut masih dalam prediksi ,bisa saja berubah karena akan ada rapat pembahasan ulang untuk menetapkan UMK Dumai tahun 2017.Apalagi hasil penetapan UMK wajib tuntas atau ditetapkan hingga akhir November ini.Sebelumnya Dinas tenaga kerja melalui bidang pengawasan Muhammad Fadli mengatakan bahwa penetapan UMK akan mengacu pada PP 78 tahun 2015 Dalam aturan disebutkan, besaran kenaikan UMK ditentukan dari hasil BPS mengenai besarnya inflasi, serta pertumbuhan ekonomi nasional.

Dengan aturan itu artinya UMK tidak lagi menggunakan metode survei kebutuhan hidup layak (KHL), seperti tahun sebelumnya. Sebab, kalau pakai survei KHL yang rugi justru buruh sendiri. Mudah mudahan saja pembahasan tentang penetapan UMK dapat segera dirampungkan dengan catatan mempertimbangkan dampak serta akibat juga setelah penetapan.(*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *