Wabup Siak Apresiasi Pelatihan Gabinsa Wilayah Riau Korem 031 Wirabima

22-ft rian 22- Wakil Bupati Siak Drs H. Alfredi menyampaikan sambutannya dihadapan ratusan peserta Gabinsa,SIAK- Berbagai upaya yang dilakukan pemerintah Pusat, Provinsi bahkan Daerah dalam memberantas kebakaran hutan dan lahan (karhutla), seperti Pelatihan Tenaga Pembina Masyarakat Desa (Gabinsa) wilayah Riau yang berlangsung selama 3 hari belakangan ini, hingga akhirnya resmi ditutup Kamis (21/1) kemarin.

Dalam penutupan pelatihan Gabinsa wilayah Riau dihadir hadir sejumlah Bupati dan Walikota se Provinsi Riau, para Dandim dan Danramil, para Kepala Desa, serta organisasi kemasyarakatan. Serta Wakil Bupati Siak Drs H. Alfredy MSi dan secara resmi ditutup oleh Komandan Resort Militer 031/Wirabima Brigadir Jenderal TNI Nurendi, M.Si.

Dalam sambutannya Komandan Resort Militer 031/Wirabima Brigadir Jenderal TNI Nurendi, MSi menyampaikan, peserta Gabinsa gelombang I berjumlah 150 peserta perwakilan koramil se Provinsi Riau dengan sasaran 1000 peserta.

“Kita sudah melatih selama 3 hari di batalion 132, berbagai ilmu dan pengetahuan telah disampaikan. Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk membantu kegiatan Babinsa dan juga Kepala Desa di berbagai Desa atau wilayah masing-masing, terutama masalah pencegahan kebakaran lahan dan hutan,” jelasnya.

Tunjukkan kepada dunia lanjutnya menjelaskan, sasaran lain dilakukan pelatihan ini yakni bahwasanya pada 2016 ini bersama-sama komitmen terbebas dari Karhutla. Sebab, terjadinya kebakaran hutan dan lahan kerapa terjadi setiap tahunnya di Provinsi Riau.

“Kita berpesan kepada peserta untuk menjaga sikap dan prilaku serta loyalitas kepada pimpinan dan teman, sehingga apa yang diperoleh dalam pelatihan ini dapat berguna bagi seluruh masyarakat nantinya,” pesan Brigadir Jenderal TNI Nurendi seraya mengakhiri sambutannya.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Bupati Siak, Drs H Alfredi MSi dalam sambutannya mewakili Bupati/Walikota se Provinsi Riau menyampaikan, apresiasi kepada Danrem 031/Wirabima selaku pimpinan Komando Resort Militer di wilayah Provinsi Riau yang memiliki inovasi yakni dengan melatih Gabinsa gelombang I.

“Kami atas nama pemerintah kabupaten/Kota se Provinsi Riau memberikan penghargaan yang sebesar besarnya kepada Danrem atas inisiasi dan inovasinya memberikan pelatihan kepada Gabinsa, yang nantinya bermanfaat bagi seluruh masyarakat,” ucap WabuP Siak.

Selain itu Wabu juga berpesan kepada seluruh peserta Gabinsa, apa yang diperoleh melalui pembekalan ini hendaknya dapat membantu Kepala Desa dalam membangun Desa menuju Desa yang maju dan mandiri, serta untuk mewujudkan ketentraman diwilayahnya.

Sebagaimana diketahui lanjut Drs Alfredy menyampaikan, peran dan  fungsi Gabinsa ini sangat diharapkan bersama Babinsa dan Kepala Desa untuk mengayomi masyarakat menuju masyarakat yang sebagaimana diharapkan.

“Kegiatan pelatihan ini satu-satunya di Indonesia, dan nantinya akan menjadi pilot project dan menjadi contoh bagi Danrem-Danrem seluruh Indonesia. Kalau Pemerintah Desa kuat insyaallah NKRI akan kuat dan keutuhan dalam negara ini akan semakin kuat,” tukas Wabup Siak.(*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *