Wabup Tanam Kelapa Sawit Perdana, Program Peremajaan Kelapa Sawit

Wakil Bupati Bengkalis, H Bagus Santoso saat melakukan penanaman perdana program Peremajaan Kelapa Sawit Pekebun di Desa Sumber Jaya Kecamatan Siak Kecil, Rabu (10/3

FULLRIAU.COM — Wakil Bupati Bengkalis, H Bagus Santoso, Rabu (10/3) melakukan tanam perdana Program Peremajaan Kelapa Sawit Pekebun ( PKSP) di area lahan kelompok Tani Berjaya jalan Lingkar Pemda Desa Sumber Jaya Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis.

 Dikatakan, bahwa Kelompok Tani Berjaya Desa Sumber Jaya telah berhasil menerima bantuan pemerintah untuk peremajaan kelapa sawit (replanting) seluas 135,0473 hektare, dengan jumlah bantuan yang diterima sebesar  Rp.4.054.419.000,-. (Empat milyar lima puluh empat juta, empat ratus sembilan belas ribu rupiah) dengan jumlah pekebun 54 KK.

“Artinya, Kabupaten Bengkalis sampai saat ini telah menerima bantuan pemerintah untuk peremajaan kelapa sawit (replanting) sebesar   Rp.11.195.199.000,- (sebelas milyar seratus sembilan puluh lima juta seratus sembilan puluh sembilan ribu rupiah). Karena sebelumnya juga sudah didapatkan oleh kelompok tani Raih Kemenangan dan kelompok tani Pesisir Melayu yang berada di Desa Muara Dua,” sebut Bagus Santoso.


Program seperti inilah kata Bagus, yang sangat dinantikan  oleh masyarakat khususnya para petani sawit yang ada  di Kabupaten Bengkalis, mengingat selama ini para petani dihadapkan dengan kendala yang cukup sulit pada saat untuk melakukan replanting secara mandiri.

 “Kami sangat bersyukur serta mengapresiasi segala kebijakan yang telah dilakukan pemerintah pusat dibawah kepemimpinan bapak Ir. H. Joko Widodo dalam mendorong pemberdayaan berkelanjutan bagi petani sawit mandiri dengan program peremajaan yang dilaksanakan di Desa Sumber Jaya Kecamatan Siak Kecil ini,” tegas Bagus.

 Dalam kesempatan tersebut, mantan wartawan Dumai Pos dan Riau Pos ini menambahkan,  bahwa saat ini di Kabupaten Bengkalis tercatat memiliki areal tanaman kelapa sawit rakyat seluas ± 142.824,70 hektar atau 77,3 persen dari total keseluruhan areal perkebunan rakyat yang ada di Kabupaten Bengkalis, artinya kelapa sawit termasuk salah satu komoditi perkebunan yang masih menjadi primadona masyarakat petani di Kabupaten Bengkalis dalam meningkatkan taraf kehidupan mereka.

“Oeh karenanya, kepada para petani sawit di Kabupaten Bengkalis khususnya kelompok tani Berjaya Desa Sumber Jaya, kami ingatkan untuk benar-benar memanfaatkan program ini secara baik dan benar, kita berharap kedepan lahan kebun pertanian ini betul-betul produktif, sehingga bisa meningkatkan pendapatan masyarakat,” pesan

Sebelumnya Kepala Desa Sumer Jaya, Muhammad Harianto menyampaikan, bahwa program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Desa Sumber Jaya ini merupakan program dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

“Kami sampaikan ucapan terima kasih yang tak tehingga kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian RI melalui Direktorat Jenderal Perkebunan, BPDP-KS sebagai penyalur dana, pak Gubernur Riau melalui Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Dinas Pertanian Kabupaten Bengkalis, para mitra kerja program peremajaan kelapa sawit pekebun dan semua pihak yang telah turut serta sehingga terlaksana bantuan dan kegiatan ini,” ujar Harianto.

 Hadir dalam acara tersebuto, Ketua Umum Santri Tani Nahdatul Ulama (SANTAN NU) T. Rusli Ahmad, SE, Plt. Kepala Dinas Perkebunan Drs. H. T Zainudin, M. Si, Kabid Perkebunan, Rusmadi, anggota DPRD Sugianto, Camat Siak Kecil, Fadlul Wajdi, SSTP, MSi, dan undangan lainnya. ***

Editor: Wadami

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *