Waspada DBD! Dumai Memasuki Musim Pancaroba

siklus-DBDDUMAI–Terkadang hujan dan terkadang panas menandakan Dumai sedang memasuki musim pancaroba. Karena itu pemerintah Kota melalui Dinas Kesehatan menghimbau masyarakat untuk waspda dan antisipasi pada serangan penyakit Demam Berdarah Dague ( DBD).

Kepala Dinkes Dumai, Faisal SKM menyarankan agar masyarakat selalu menjaga kebersihan didalam rumah atau pun luar rumah. Cara lain adalah Pemberantasan sarang nyamuknya dengan menerapkan 3 M ( Mengguras, Menimbun dan Menutup) .

Karena biasanya, DBD berjangkit di musim pancaroba, akibat banyak genangan air jernih tempat jentik nyamuk tersebut berkembang . ” Tindakan pencegahan harus di lakukan terlebih dahulu sebelum terjadinya penyakit akibat gigitan nyamuk ini, untuk masyarakat dapat menerapkan pola 3 M plus,” katanya .

Bahkan tindakan prepentik perlu di lakukan, mengingat penyakit dapat menyerang siapa saja menerapkan 3 M plus merupakan tindakan pencegahan yang di lakukan sebelum terjadinya penyakit.Dan ia menyarankan masyarakat untuk memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, sehingga nyamuk dapat dibasmi sejak dini. Serta mengupayakan ventilasi serta pencahayaan yang baik sehingga tidak lembab dalam rumah.(*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *