187 Jamaah Dilepas ke Asrama Haji Antara, Wako: Semoga Jadi Haji Mabrur

Walikota Dumai, H Zulkifli AS melakukan pelepasan jamaah haji Kota Dumai

FULLRIAU.COM, Dumai — Walikota Dumai H Zulkifli AS, Senin (8/07) melepas 187 Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Dumai menuju Embarkasih Antara Pekanbaru Jalan Mekar Sari. Kegiatan seremonial pelepasan dilakukan di Masjid Habiburrahman Jalan HR Soebrantas didampingi Kepala Kemenag H Shofwan, dan Forkopinda usai melaksanakan sholat subuh.
Sebelum diberangkatkan ke Pekanbaru menggunakan bus pariwisata, Walikota Dumai H Zulkifli As mengungkapkan 187 JCH Dumai ini akan tergabung dalam kelompok terbang 5 dengan JCH Pekanbaru.
Mohon doa dari masyarakat Dumai, Calon Jamaah Haji Dumai tergabung kloter 5 berjumlah 187 orang dalam kondisi sehat walafiat dan bisa melaksanakan berbagai rukun haji.
Pada kesempatan itu, Walikota berpesan agar seluruh JCH dapat menjaga kesehatannya sehingga mampu melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan baik dan lancar. Karna ibadah haji merupakan ibadah fisik.
“Saya berpesan kepada seluruh JCH agar dapat menjaga kesehatannya, karena ibadah haji ini merupakan ibadah fisik. Banyak rangkaian ibadah yang akan dilaksanakan selama berada ditanah Suci mulai dari yang wajib hingga yang sunah,” pesan wako mengulangi.
Ia turut mendo’akan, agar semoga JCH diberi kekuatan oleh Allah untuk dapat melaksanakan rangkaian ibadah haji ini sehingga dapat menjadi Haji yang Mabrur dan semoga seluruh JCH mendapat perlindungan dari Allah SWT.
“Saya mengucapkan selamat jalan semoga selamat sampai tujuan dan kembali lagi ketanah air dengan selamat pula sehingga dapat kembali berkumpul dengan anak dan keluarga serta kerabat lainnya,” harapnya.
Setelah menempuh perjalanan panjang dari Dumai ke Pekanbaru selama sekitar 7 jam Jama’ah Calon Haji (JCH) kota Dumai akhirnya tiba di Asrama Haji Antara Pekanbaru.
Kepala Kementrian Agama Kota Dumai H Shofwan mengatakan, sebelum memasuki asarama haji ada beberapa proses yang wajib diikuti dan dilalui oleh seluruh JCH.
Diantaranya serah terima diantaranya cek kesehatan kemudian pada pukul 24.00 WIB dinihari JCH akan diterbangkan ke Bandara Hangnadim Batam.
Menurutnya, pemeriksaan kesehatan dilakukan sangat ketat, apabila kedapatan JCH yang menderita penyakit kronis, hamil, jantung dan penyakit menular lainnya, maka JCH tersebut terpaksa harus dipulangkan dan tidak boleh berangkat menunaikan ibadah haji.
Selanjutnya petugas akan membagikan gelang haji kepada seluruh JCH, pemberian living cost.
“Dana living cost tersebut dapat dipergunakan oleh JCH untuk membeli kebutuhan selama berada di tanah suci,” terangnya.
Lebih lanjut dikatakannya bahwa pelepasan JCH Dumai dan Pekanbaru di Asrama Haji Pekanbaru di amanahkan.pada Walikota Dumai oleh PPIH Embarkasi antara Pekanbaru. (Rls/FR)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.