Bernuasa Budaya Melayu, HUT ke-110 Desa Banglas Meriah

Penekanan tombol sirineĀ  oleh Bupati H. Muhammad Adil, S.H., para pejabat Kepulauan Meranti dan sejumlah tokoh masyarakat pada Puncak HUT Desa Banglas ke-110 tahun.

FULLRIAU.COM — Sempena merayakan Hari Jadi Desa Banglas ke-110 yang jatuh pada tanggal 21 Desember 2021, terlihat ribuan orang warga masyarakat merayakannya dengan penuh semangat dan suka cita.

Bermula dari prosesi Penyambutan Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, S.H., berserta rombongan di Perbatasan Desa Banglas dengan iringan kompang yang membahana sepanjang jalan. Ditaburi beras kunyit sebagai sambutan istimewa, lalu diikuti dengan silat persembahan.

Acara diawali dengan tari persembahan, lalu dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an dan doa. Suasana terasa tenang dan haru. Selanjutnya tahapan acara terus berlanjut.

Helat itu tampak semarak karena hampir semua yang datang memakai busana Melayu, yaitu memakai baju Kurung Melayu Teluk Belanga, berkain songket, bertanjak atau berkopiah, mereka berkumpul bersama di halaman Kantor Desa Banglas hingga tumpah ruah ke jalan. Begitu juga dengan kaum perempuan, mereka memakai baju kurung Melayu aneka warna menghiasi malam berbahagia itu.

Terlihat juga stand-stand yang menyediakan aneka makanan tradisional Melayu berjejer di sepanjang jalan. Setiap orang boleh mencicipi dengan percuma. Ini adalah sumbangan dari para pengusaha kuliner masyarakat Desa Banglas.

Alunan irama lagu yang didendangkan dengan sendirinya menunjukkan Banglas sebagai Kampung Melayu. Begitu juga dengan lantunan Syair Hikayat Kampung Banglas yang dilantunkan dengan syahdu oleh Siti Nurbandini menandakan Desa Banglas adalah kampung Melayu yang menjunjung adat istiadat dan bertamadun tinggi.

Puncak acara ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Bupati H. Muhammad Adil, S.H., didampingi sejumlah pejabat, Camat Tebing Tinggi Ratna Juwita Sari, Kepala Desa Banglas Abdul Zaid dan sejumlah tokoh masyarakat.

Tarian joget Lodeh Hai Mak Lodeh menambah meriah dan semaraknya acara. Seakan semua yang datang serasa ingin berjoget bersama. Banyak yang sambil duduk menari kecil mengikut rentak irama lagu. Berawal dari Bupati H.M. Adil yang dijemput untuk berjoget bersama lalu semua yang hadir ikut berjoget.

Abdul Zaid, Kepala Desa Banglas yang baru saja dilantik pada 19 Desember lalu mengatakan acara ini terlaksana atas dukungan dan partisipasi seluruh lapisan masyarakat. “Inilah partisipasi masyarakat, tanpa dukungan segenap lapisan masyarakat tentu acara ini tidak akan dapat terlaksana”.

Afrizal Cik, seorang peminat masalah kebudayaan mengungkapkan bahwa perayaan HUT Desa Banglas yang kental bernuansa Melayu menandakan bahwa masyarakat desa ini masih tetap melestarikan tradisi budaya Melayu dalam kehidupan dan menjaganya sebagai sebuah warisan peradaban. “Ini menandakan warisan peradaban itu masih tetap terjaga di sini.”, ungkap beliau.

Perhelatan HUT Desa Banglas yang bernuansa budaya Melayu ini menimbulkan decak kagum bagi banyak orang yang menyaksikan. Semarak dan sangat meriah, begitulah yang dirasakan banyak orang.

Selamat Tuan Abdul Zaid. Selamat memimpin Desa Banglas. Semoga Desa Banglas maju di bawah kepemimpinan Tuan, dan kebudayaan Melayu tetap terjaga di sini. ***

Para undangan yang datang pada helat Perayaan HUT Desa Banglas ke-110 tahun bertempat di halamaan Kantor Desa Banglas. (Selasa, 21/12/2021)

editor: wadami

(Visited 52 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.