Disdik Himbau Orangtua Perketat Pengawasan Anak Terkait Aksi Tawuran Remaja

DUMAI– Aksi tawuran antar kelompok remaja yang kerap berlangsung di Kota Dumai mendapat perhatian dari berbagai pihak salah satunya Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Dumai yang menyayangkan aksi remaja yang mayoritas masih duduk bangku sekolah itu.

“Kita sangat prihatin dengan sikap para remaja yang kerap melakukan tawuran, mereka generasi muda yang nantinya akan menjadi penerus bangsa, bukan tawuran tugas utama mereka, melainkan belajar,” ujar Sekretaris Disdik Dumai, H Ridwan, Selasa (7/2) diruang kerjanya.

Menurutnya, mengatasi kenakalan remaja di Kota Dumai perlu peran penting berbagai pihak, terutama orang tua atau walimurid yang berperan penting mengawasi pergaulan anak terutama diluar waktu jam belajarnya.

“Kalau diwaktu sekolah mereka (peserta didik, red) masih bisa kita awasi, namun diluar jam sekolah orang tua menjadi tombak utama dalam mengawasi pergaulan penerus bangsa,” jelasnya.

Selain itu lanjut Ridwan menjelaskan, dalam menangkal aksi kenakalan remaja, Disdik Kota Dumai juga membuat edaran kepada seluruh sekolah untuk memberikan pemahaman tentang kenakalan remaja mulai dari penyalahgunaan narkotika, lem dan tawuran yang saat ini hangat diperbincangan masyarakat.

“Orang tua bertanggungjawab terhadap aktivitas anak selama diluar jam sekolah, sementara sekolah juga kita himbau tetap melakukan pengawasan di jam sekolah dengan memberikan edaran mulai SD hingga SMA,” ungkapnya.

Ditambahkannya, pihaknya akan terus melakukan upaya-upaya pencegah kenakalan remaja yang kerap terjadi di Kota Dumai, mulai himbauan maupun memberikan pemahaman dampak akan pergaulan bebas bagi dirinya masing-masing. (*/FR)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *