BELUM TAHU! Gunung Berapi Tertinggi di Tata Surya Bukan di Bumi

gunung-berapi-tertinggi-di-tata-surya-bukan-di-bumi-VinjPI7DucPERBINCANGAN mengenai gunung berapi masih menyimpan beberapa fakta unik yang menarik untuk dibahas. Setelah mengenal lava biru di Indonesia, kali ini terdapat beberapa fakta lain dari gunung berapi, salah satunya mengenai gunung berapi tertinggi di tata surya. Di manakah gunung berapi tersebut berada?

Dilansir Universe Today, Kamis (29/9/2016), gunung berapi tertinggi yang ada di tata surya kita ternyata bukanlah berada di Bumi. Gunung bernama Olympus Mons yang ada di Mars merupakan gunung berapi yang dimaksud. Olympus Mons memiliki ketinggian 27 km dan diameter 550 km.

Menurut beberapa ilmuwan, alasan di balik ukurannya yang besar, disebabkan tidak terdapatnya lempengan tektonik di planet Mars . Olympus Mons hanya sebuah gunung tunggal yang dapat semakin membesar karena tidak ada sumber tekanan lain selama miliaran tahun. Berbeda dengan yang terjadi di Bumi, keberadaan beberapa gunung berapi disebabkan adanya lempengan tektonik yang tersebar.

Fakta lain seputar gunung berapi adalah letak gunung berapi terbesar di Bumi yang bersampingan. Seperti yang diketahui, Hawaii memiliki gunung berapi terbesar Mauna Loa dengan ketinggian 4.169 meter. Sedangkan di sampingnya, yakni gunung Mauna Kea, merupakan gunung berapi terbesar setelahnya dengan ketinggian 4.207 meter.

Keduanya berlokasi secara berdampingan dan terbentuk dari dasar lautan yang dalam. Jika Mauna Kea diukur dari kedalaman lautan hingga ujung puncaknya, ia diperkirakan memiliki ketinggian sekira 10.203 meter. Oleh karena itu, Mauna Kea dianggap sebagai salah satu gunung tertinggi dan terbesar di Bumi dibandingkan dengan Mount Everest.

(kem/okz)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *