Belum Tahu! Ini Cara Bikin Bakso Sapi Kenyal di Rumah

KETIKA ingin menyantap bakso memang tidak sulit, cukup pergi ke penjual bakso keliling atau ke warung bakso langganan. Tapi pastinya bakso buatan sendiri akan terasa lebih mantap.

Berniat membuat bakso sendiri di rumah? Pastikan bakso buatan rumah lebih lezat dibanding membeli sendiri. Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (8/3/2017), berikut tips dan trik simpel yang bisa diikuti ketika hendak membuat bakso di rumah, simak yuk.

Pakai daging segar berkualitas

Hal utama yang menentukan kualitas bakso adalah daging sapi. Pastikan Anda hanya menggunakan daging sapi yang segar. Daging segar akan membuat bakso terasa gurih dan bertekstur kenyal. Daging sapi beku tidak disarankan untuk membuat bakso karena teksturnya akan pecah dan tidak kenyal. Bakso yang baik adalah yang memiliki warna abu-abu gelap.

Giling daging hingga halus

Sebelum dibuat menjadi adonan bakso, daging harus digiling hingga benar-benar halus. Ini yang nantinya menentukan tekstur dan bentuk pada bakso. Jika ada serat atau lemak pada daging disarankan untuk dibuang.

Gunakan es batu

Ketika menggiling daging pastikan menambahkan sejumlah es batu. Ini dimaksudkan agar saat proses penggilingan tidak membuat suhu daging meningkat dan panas. Daging yang terkena panas dikhawatirkan akan mematang sebelum proses pematangan sesungguhnya yakni direbus.

Pakai tepung sesuai takaran

Takaran tepung yang paling ideal untuk ditambahkan dalam adonan bakso adalah sebanyak 20 persen dari berat daging. Jumlah ini akan menghasilkan bakso yang bertekstur kenyal namun tetap terasa dominan daging.
(ndr/okz)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *