BENARKAH! Pakai Bra Tak Sesuai Ukuran Bikin Postur Tubuh Jelek

FULLRIAU.COM — Banyak mitos seputar pemakaian bra yang masih dipercaya masyarakat luas. Termasuk pemakaian bra tak sesuai ukuran yang disebut-sebut bisa mempengaruhi postur tubuh.
Faktanya, tidak ada keterkaitan antara salah pakai ukuran bra dengan bentuk postur tubuh.

dr Widyastuti Srie Utami, SpOT (K) Spine dari RS Pondok Indah Jakarta dan RS Siloam TB Simatupang Jakarta, mengatakan bahwa pemakaian bra tidak mempengaruhi kedua hal itu.

“Berdasarkan bukti-bukti ilmiah sampai saat ini, tidak ada evidence yang kuat yang menunjukkan penggunaan bra, terutama yang tidak sesuai ukuran payudara, akan menyebabkan keluhan nyeri punggung atau tulang belakang bengkok,” ungkap dr Widya dikutip dari detikcom.

Ia menyebut pemakaian bra yang tidak sesuai ukuran payudara bisa membuat pengguna merasa tidak nyaman hingga menyebabkan kulit kemerahan dan berlekuk.

Selain itu, dr Widya mengungkapkan tidak ada waktu khusus untuk tidak memakai bra demi kesehatan tulang. Namun secara subjektif, sebagian perempuan merasa lebih nyaman melepas bra saat tidur.

“Disarankan agar menggunakan bra tanpa kawat saat tidur untuk kenyamanan, terutama agar mencegah kawat pada bra menusuk payudara saat berpindah posisi tidur. Tali bra yang dipilih disarankan tidak terlalu ketat agar tidak mengiritasi kulit,” katanya.

Menurut dr Widya, perempuan dengan payudara besar dan berat badan berlebih atau obesitas lebih berisiko sering nyeri punggung. Hal itu berdasarkan penelitian yang pernah ia baca.

“Hal tersebut tidak ditemukan pada wanita dengan berat badan yang normal dengan payudara berukuran besar,” tuturnya.

Ia mengatakan hasil penelitian itu dapat menunjukkan bahwa berat badan menjadi faktor penentu nyeri punggung pada perempuan yang berpayudara besar.

Di sisi lain, ia mengungkapkan nyeri punggung dapat terjadi pada payudara berukuran besar secara abnormal. Kondisi itu disebut dengan penyakit hipertrofi payudara.

“Nyeri punggung dapat terjadi karena punggung mempunyai beban topangan yang berlebih di sisi depan,” tutur dr Widya.

dr Widya mengatakan nyeri punggung akibat hipertrofi payudara bisa diatasi dengan tatalaksana olahraga dan penguatan otot. Jika cara tersebut tidak berhasil, maka dibutuhkan tindakan operasi untuk mengecilkan payudara. ***

Editor: Wadami

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *