Bersama Bhabinkamtibmas, Kapolsek Pimpin Patroli Karlahut

RIMBAMELINTANG — Kapolsek Rimba Melintang, Iptu Boy Setiawan S AP bersama Bhabinkamtibmas menggelar patroli Sambang Warga untuk mengajak masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan.
Demikian hal itu disampaikannya usai menggelar patroli, Kamis (12/1) kemarin. Dalam kesempatan itu, Bhabinkamtibmas selaku garda terdepan turut mendampingi Kapolsek menyampaikan himbauan.
Dijelaskan Iptu Boy, himbauan untuk tidak membakar lahan ini dilakukan secara langsung terhadap warga masyarakat yang berada di area lahannya masing – masing. Baik pekerja maupun milik sendiri.
” Bersentuhan langsung adalah cara efektif, sehingga, warga tidak mendengar apa kata orang, tetapi langsung dari kita, tujuannya agar warga masyarakat benar – benar paham, baik segi kesehatan akibat asap kebakaran maupun dari segi hukum bagi pelaku pembakar,” tegas Iptu Boy.
Iptu Boy juga mengajak masyarakat untuk sama – sama menjaga agar karhutla tidak terjadi lagi seperti yang sudah – sudah. ” Ingat, tidak ada ampun bagi pelaku pembakar lahan, kita akan tindak tegas,” tegasnya lagi.
Pada kesempatan itu, Kapolsek juga melakukan pengecekan pada sekat kanal yang sudah dibuat sebelumnya, sebab, sekat kanal ini sangat penting untuk menjaga volume air dan menjaga agar lahan tetap dalam keadaan lembab, sehingga potensi meluasnya kebakaran dapat dicegah.
” Tadi kita sudah cek, ada yang masih benar – benar berfungsi bagus, dan ada juga yang perlu diperbaiki, dalam waktu dekat ini kita akan lakukan kordinasi dengan pihak kecamatan dan kepenghuluan untuk memperbaikinya, intinya kita minta semua pihak dapat bekerjasama dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan dan hutan,” pungkasnya.
Dan terkait panasnya cuaca dalam beberapa minggu belakangan ini, untuk itu Kapolres Rohil, AKBP Henry Posma Lubis SIK MH, memerintahkan seluruh Polsek se Kabupaten Rohil, memantau kebkran lahan dan hutan ( Karlahut ) di daerah masing-masing.
“Ada atau tidak ada, paling tidaknya 3 jam sekali laporkan ke saya,” kata Kapolres Rohil, AKBP Henry Posma Lubi SIK MH, Kamis (12/1).
Menurutnya, sejauh ini belum ada laporan dari Polsek tentang adanya Karlahut. “Kalau ada, pastinya akan kita kerahkan personil untuk memadamkanya,” kata Henry Posma Lubis.
Dia menegaskan, kendati jumlah personil diseluruh Polres Rohil hanya sekitar lebih kurang 600 orang personil. Namun, selalu siap memantau dan ikut memadamkan Karlahut. “Kendati demikian, alangkah baiknya kita waspadai dulu Karlahut itu sebelum ada terjadi,” katanya.
Diitegaskanya, bahwa ia juga telah memerintahkan kepda seluruh Polsek se Rohil. Apabila ada kedapatan yang membuka lahan dengan cara membakar, maka tangkap dan proses saja secara hukum berlaku. “Pada intinya, kita tidak mau pada tahun 2017 ini, ada terjadi Karlahut diseluruh daerah Kabupaten Rohil ini,” tegasnya.
Menurutnya, pada cuaca panas seperti terjadi dalam beberapa minggu ini tidak menutup mudah terjadi Karlahut. “Jadi, saya minta juga kepada seluruh elemen masyarakat untuk ikut bersinergi mewasapadai Krlahut itu. Karena dengan bersama kita mewasapadainya, maka tidak akan ada nanti Karlahut di daerah kita ini, seperti pada tahun-tahun sebelumnya,” pungkas AKBP Henry. (*/FR)
(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.