Bolehkah, Minum Air Kelapa Setelah Suntik Vaksin Covid-19

FULLRIAU.COM — Air kelapa terkenal dengan segudang manfaat sehatnya, terutama untuk hidrasi tubuh. Bolehkah minum air kelapa usai suntik vaksin Covid-19? Air kelapa memiliki rasa manis yang menyegarkan. Sejak dulu mengonsumsi air kelapa dipercaya bermanfaat baik untuk kesehatan.

Air kelapa mengandung elektrolit yaitu mineral alami yang dapat dengan mudah diserap oleh tubuh sehingga bisa menghidrasi tubuh lebih cepat. Konsumsi elektrolit ini juga bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh.

Manfaat lainnya, air kelapa bisa menambah energi karena mengandung vitamin C. Juga menyehatkan sistem pencernaan karena ada magnesium di dalamnya.

Dalam kaitannya dengan Covid-19, belum lama ini air kelapa hijau viral dan sangat diburu karena diklaim bisa menyembuhkan Covid-19. Namun informasi ini tidak benar sebab klaim tersebut belum teruji secara klinis.

Lalu bagaimana dengan konsumsi air kelapa usai vaksin Covid-19? Bolehkah minum air kelapa setelah vaksin Covid-19?

Mengutip India (31/5/21), Dr Sushma Motilal Nehru ternyata justru menyarankan orang-orang untuk minum air kelapa jika mengalami efek demam usai vaksin Covid-19. Air kelapa disebut bisa mengontrol tekanan darah menjaga seseorang tetap terhidrasi usai mengonsumsinya.

Sementara itu menurut Dr Mansoor Ahmad, air kelapa memiliki nutrisi lebih banyak daripada susu dan tidak mengandung lemak ataupun kolesterol. Ia menjelaskan kalau air kelapa mengandung antioksidan, kalsium, magnesium, potassium, vitamin C, dan fosfor yang menjadikannya substitusi baik untuk larutan glukosa dan garam.

Dr Akhauri juga menambahkan, air kelapa membantu detoksifikasi dengan ‘membuang’ racun yang ada di usus. Minum air kelapa usai vaksin Covid-19 pun merupakan hal yang aman.

Pada intinya, memastikan tubuh terhidrasi adalah hal penting sebelum dan sesudah melakukan vaksin Covid-19. Hal ini salah satunya bisa dibantu dengan konsumsi air kelapa yang bernutrisi. ***

Editor: Wadami

One thought on “Bolehkah, Minum Air Kelapa Setelah Suntik Vaksin Covid-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *