BPJS KESEHATAN Dituntut Tingkatkan Pelayanan

BPJSDUMAI–Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Dumai diharap dapat terus meningkatkan pelayanan dan kepercayaan konsumen. Dengan meningkatnya jumlah iuran kepesertaan maka BPJS pun harus semakin memaksimalkan kinerjanya.

“Karena salah satu alasan iuran BPJS dinaikan adalah karena devisitnya anggaran akibat pembayaran konsumen tak lagi rutin. Namun dampak dari hal ini, justru peserta BPJS semakin tak mampu membayar,” kata Ketua NGO Transparansi dan LBH Laksmana Merah Putih, Kimlan Antoni.

Menurutnya, tak intensnya membayar iuran setiap bulan dapat disebabkan oleh kekecewaan peserta karena pelayanan BPJS yang kurang maksimal. Salah satu diantaranya adalah ketersediaan obat-obatan di rumah sakit mitra BPJS yang minim dan lebih banyak terdapat di apotek luar.  Konsumen harus membeli obat di luar dengan biaya sendiri, maka tidak ada gunanya BPJS itu. Inilah salah satu alasan pembayaran iuran konsumen tidak rutin.”Untuk itu diharapkan dengan kenaikan iuran ini diharapkan mitra BPJS seperti RSUD dan Klinik dapat memberikan pelayanan terbaik ke Pasien BPJS,”katanya.

Terkait pelayanan Ketua TKMKB BPJS Kesehatan Kota Dumai, Amsyah Nudin, akan memberikan sangsi tegas bagi Mitra BPJS yang tidak memberi pelayanan terbaik ke pasien BPJS . ” Jika ada laporan dari pasien, kita tidak segan -segan melayangkan surat teguran hingga peringatan ke Mitra BPJS seperti Klinik, RSUD dan 
lainnya.” Tegasnya.

Untuk itu, diminta kerjasama dari masyarakat agar melapor kekantor BPJS ketika mendapat pelayanan yang tak maksimal dari Mitra BPJS, termasuk keluhan tentang ketersediaan Obat, tandasnya. (*/FR)

 

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *