Bupati Meranti Teken MOU dengan BPKP Perwakilan Riau sekaligus Membuka Resmi Bimtek SPIP Tahun 2017

SELATPANJANG – Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi menghadiri acara Memorendum Under Standing (MOU) antara Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Riau sekaligus membuka secara resmi Bimbingan Teknik (Bimtek) Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) untuk bagian OPD, Camat dan Kepala Desa se Kabupaten Kepulauan Meranti. Acara bertempat di Aula Kantor Bupati Kepulauan Meranti Jalan Dorak, Selatpanjang, Selasa (7/2).

Turut hadir acara tersebut, Plt Sekda Meranti Julian Norwis SE MM, Kepala BPKP Perwakilan Riau Dikdik Sadikin bersama anggota bapak Sumirat dan Purba, Kepala Insfektorat Kabupaten Meranti Suhendri, Kepala Dinas/ Badan di lingkungan Pemkab Meranti, para Camat dan Kades se Kabupaten Kepulauan Meranti.

Dalam penyampaiannya, Bupati H. Irwan mengatakan Pemkab Meranti tetap komitmen dalam melaksanakan tata kelola, managemen dan sistem administasi yang lebih baik dalam mengelola keuangan daerah. Dan barusan tadi kita sudah menandatangani MOU tersebut.

“ Kesimpulannya, bagaimana kita bisa meningkatkan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) tersebut agar bisa lebih baik lagi dan hasilnya sangat memuaskan dan seluruh SKPD bisa lebih detail lagi dalam hal kegiatan yang sudah dilaksanakan”, ujar H. Irwan.

Selanjutnya, H. Irwan juga menegaskan seluruh kepala SKPD, para Camat kita minta tahun ini pemeriksaan bisa lebih cepat lagi, dan laporan yang ada pada saya alhamdulillah komitmen kita minta dipercepat.

“ Intinya agar semua SKPD bisa mereview ulang dan tidak dinilai kita lambat dan lalai. Pokoknya kita harus dipercepat tetapi kemarin kita ketemu sama teman – teman di BPK insyallah kita siap dan anggota merekapun bisa jadi kewalahan nantinya karena sedikit yang datang ke Kabupaten Meranti ,” katanya dengan singkat.

Kemarin di Bandung kita menghadiri acara dari Menpan RB RI tentang akuntabilitas pemerintahan dan Kabupaten Kepulauan Meranti LAKIP kita di level D dan saya mengharapkan kedepannya kita berusaha dan bekerja keras untuk bisa harus nilai B.

“ Kita optimis kedepannya semua mendukung kategori LAKIP kita bisa berlevel B”, harapnya.

Disinggung masalah Kepala Desa, Bupati H. Irwan mengingatkan untuk lebih berhati –hati dalam mengelola keuangan desa yang sekarang ini lebih besar lagi bantuan dari pemerintah pusat maupun Provinsi dan uang pemerintah jangan lagi simpan dalam rumah lebih baik disimpan saja direkening Desa. Ketika kegiatan ingin mau dilaksanakan baru di ambil dan dilaksanaka.

“ Sekali lagi saya ingatkan seluruh Kades se Kabupaten Kepulauan Meranti, para Camat maupun kepala SKPD janganlah uang pemerintah dijadikan uang pribadi dan jangan juga di simpan di rumah karena kata pepatah juga mengatakan lebih 1 x 24 jam uang itu ada di tangan kita maka timbulah setan itu artinya jangan kita pakai uang pemerintah yang ingin di laksanakan itu dijadikan sebagai uang pribadi kita. Sehingga komitmen untuk memberantas korupsi itu dari diri kita sendiri untuk menjalankan amanah dengan benar dan profesional,” imbuh H. Irwan.

Kendati demikian, Bupati Irwan juga mengharapkan kedepannya untuk kita lebih berhati lagi dan jalani saja tupoksi masing – masing. Yang terpenting pengelolaan keuangannya mantap dan bisa lebih baik lagi dan semuanya tidak ada melakukan pelanggaran hukum untuk bisa menjadi aparatur yang taat dan berniat yang baik , harapnya.

Dalam kesempatan itu pula, Kepala BPKP Perwakilan Riau Dikdik Sadikin mengatakan kami hari ini sangat senang dan apresiasi sekali bahwasanya Kabupaten Kepulauan Meranti sudah mendapatkan kategori keuangan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Dan di Provinsi Riau ada 6 Kabupaten/ Kota yang dapat WTP tersebut. Bahkan Kabupaten Kepulauan Meranti mendapatkan penghargaan terbaik kedua Kabupaten Pemekaran yang bisa mendatangkan investor yang ekonominya berkembang pesat dan tumbuh.

“ Artinya dibawah kepemimpinan Bupati H .Irwan yang sudah menjabat dua priode ini sudah bisa membawa Kabupaten Meranti ini menjadi ternama di tingkat Pusat. Justru itu ketika astapet di bawah kepemimpinan Bupati H, Irwan dan Wabup Said Hasyim begitu juga Plt Sekda Meranti Julian Norwis mereka ini semuanya orang akuntansi dan punya harapan Pemkab Meranti ini kedepannya bertambah maju dan baik dalam pengelolaan keuangan daerah nantinya”, ujar Dikdik.

Hal tersebut, Dikdik Sadikin juga memberi masukan kepada seluruh kepala SKPD, para Camat dan Kades se Kabupaten Kepulauan Meranti mari kita bisa menjadi the right man and the right place artinya menjadi pekerja itu harus sesuai tupoksi dibidangnya.

“ Oleh sebab itu, mari kita bekerja bersungguh –bersungguh capailah dengan pengelolaan keuangan yang baik insyallah kehidupan kita akan tenang, nyaman dan berkah,” imbuhnya. (*/FR)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *