Bupati Syamsuar Mantap! Dukungan Pusat dan Provinsi Terus Mengalir ke Siak

SIAK — Alhamdulillah hingga saat ini daerah dan masyarakat Kabupaten Siak,  Riau masih dilindungi Allah swt karena hingga saat ini belum terdengar dan terlihat kejadian-kejadian musibah alam yang sangat tidak kita inginkan terjadi di wilayah Kabupaten Siak seperti yang terjadi didaerah lainnya.

Mudah-mudahan ini karena kesalehan dan niat baik kita semua sehingga Allah swt melindungi dan menjaga daerah dan masrakatnya.

Demikian disampaikan Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi di Perawang dalam suatu acara. Mudah-mudahan Kondisi dan stuasi seperti ini terus terjaga sehingga membuat segala perencanaan pembangunan didaerah bisa digesa secepatnya.

Ditambahkan bupati,  sangat berkeinginan Provinsi Riau lebih maju mengatakan keberkahan lain yang kita dapatkan dan mulai semakin banyaknya terlihat adalah terus berdatangannya perhatian pihak luar terutama Pemprov Riau dan Nasional terhadap program pembangunan yang selama ini dirintis Pemkab Siak.

“Misalnya kita baru saja meresmikan Toko Tani Indonesia (TTI) di Perawang ini dan dua lagi akan didirikan di Lubuk Dalam dan Pusako. Semua ini merupakan program yang diselenggarakan oleh Pemprov Riau dan dibiayai oleh pemerintah pusat melalui dana APBN 2017,” ujar bupati menyebutkan contoh.

Dikesempatan tersebut, Bupati Siak, Drs H Syamsuar, juga menyebut dengan adanya Pendirian TTI ini bahwa Pemprov Riau memiliki perhatian besar ke Kabupaten  Siak.

“Ini adalah bentuk dukungan Pemprov Riau menuju ketahanan pangan di Kabupaten Siak yang memang diprogramkan dan digesa sejak lama oleh Pemkab Siak,” sebutnya.

Kenapa Pemkab Siak begitu ngotot dan getol untuk berupaya mencapai swasembada pangan ini diantaranya adalah untuk menggapai ketahanan pangan. Jika masalah ketahanan pangan ini tidak diatasi sedini dan sebaik mungkin maka akan bisa mengancam ketahanan negara. Menurut ilmu militer ketahanan pangan sangat menentukan keamanan negara, karena tanpa makan akan bisa memancing muncul aksi gangguan kepada yang lainnya.

Menurut bapak yang juga digadang-gadangkan memiliki kans besar untuk duduk di Riau-1 ini, dalam waktu dekat juga akan muncul dukungan dari Mabes TNI kepada Siak untuk terus berupaya menggalakan tanaman pangan ini.

“Sesuai dengan informasi yang kita terima bahwa dalam waktu dekat panglima TNI berminat turun ke Siak untuk melakukan penanaman padi. Kapan waktu pastinya belum kita menunggu keterangan dari pihak TNI di Riau, Korem dan Dandim. Yang jelas jika rencana itu benar-benar dilaksanakan maka akan kita siapkan persawahan di Bunga Raya dan Sabak Auh,” ucap bupati menjawab Dumai pos.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Riau, Ir H Darmansyah menjelaskan berobahnya satuan kerja dituntut harus ada warna tersendiri di masyarakat. Program ini salah satu wujud adanya perubahan tersebut.

“Perubahan lain yang akan dilakukan adalah mengupayakan pemanfaatan lahan perkarangan bekerjasama dengan TP PKK, diantaranya dengan program menanam cabe di perkarangan rumah. Sementara untuk penggarapan lahan komersial adalah gawainya Dinas Pertanian,” sebutnya.

Program TTI ini kerjasama antara pemerintah dengan kelompok tani serta para pedagang. Untuk program ini pusat memberikan bantuan Rp60 juta setahun.

“Bantuan tersebut melalui kempok tani bersangkutan. Kelompok ini berkewajiban menyuplai beras ke TTI dengan dibawah pasar. TTI tidak dibenarkan mencari untung besar pasalnya pemerintah telah memberikan bantuan modal,”ujarnya mengingatkan. (*/FR)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *