Cuaca Terik, 2 Ha Lahan Gambut di Bengkalis Terbakar

BENGKALIS–  Dampak panas terik sejak beberapa hari terakhir mulai terjadi di Pulau Bengkalis. Lahan gambut milik warga sekitar 2 hektar (Ha) yang berada di Desa Damai, Kecamatan Bengkalis atau berbatasan dengan Desa Kelebuk terbakar, Rabu (22/2) sekitar pukul 13.50 WIB.
Lahan yang terbakar merupakan areal perkebunan milik warga Iskak dan Ismail yang ditanami karet dan kelapa. Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran ini.
Kapolsek Bengkalis AKP Syafril Thalib dikonfirmasi membenarkan terjadinya kebakaran lahan gambut untuk perkebunan tersebut.
Petugas dari TNI, kepolisian, MPA, Damkar serta warga setempat berusaha melakukan pemadaman dengan menggali kolam dan menggunakan air kanal di sekitar lahan terbakar. Lahan kering\ dan angin kencang memicu api dengan cepat menjalar dan menyulitkan upaya pemadaman.
“Lahan gambut yang terbakar sekitar dua hektar, kebun karet dan kelapa milik dua orang warga. Pemadaman dilakukan menggunakan pompa air Damkar, dua unit pompa air milik MPA Desa Kelebuk. Penyebab masih dalam lidik, tidak mungkin terbakar sendiri,” ungkap AKP Syafril.
Hingga berita ini diturunkan, api masih menjalar di areal perkebunan, petugas dan warga di lapangan masih berjibaku berusaha mengendalikan kebakaran agar tidak semakin meluas. (*/FR)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *