Fakta Jengkol yang Harus Kamu Ketahui, Cegah Diabetes Salah Satunya!

SIAPA yang tidak kenal dengan jengkol? Meski menjadi salah satu makanan yang cukup populer di Indonesia, tidak semua orang suka mengonsumsinya.

Ya, karena makan jengkol dapat membuat bau mulut menjadi tidak sedap. Namun, ada sejumlah fakta tentang jengkol yang harus kamu ketahui, di mana makanan ini memberikan banyak manfaat kesehatan.

Berikut sejumlah fakta dan manfaat dari jengkol yang harus kamu ketahui seperti dilansir dari laman Vegetafruit, Senin (6/2/2017):

Mencegah sembelit

Terlalu sering mengalami sembelit akan membahayakan kesehatan tubuh, karena dapat menyebabkan kanker usus besar. Nah, jika Anda doyan makan jengkol secara langsung, maka akan menuai manfaatnya dalam mencegah sembelit.

Mencegah anemia

Manfaat lain dari jengkol adalah dapat mencegah anemia. Penyakit anemia terjadi karena Anda kekuragan zat besi. Di sisi lain, jengkol mengandung cukup zat besi sekira 4,7 gram per 100g jengkol.

Menurunkan gula darah

Tidak hanya anemia, makan jengkol juga dapat membantu mengendalikan diabetes. Karena, zat di dalam jengkol dapat menurunkan kadar gula darah pada waktu yang tepat.

Tetapi, tentu saja cara menurunkan gula darah dengan mengonsumsi jengkol harus diimbangi dengan gaya hidup sehat. Salah satunya dengan mengurangi makanan yang mengandung tinggi gula.

Jika Anda penggemar minuman dan makanan manis, maka bisa menggantinya dengan gula jagung. Melalui gaya hidup sehat, maka manfaat makan jengkol dapat dioptimalkan.

Melindungi kesehatan jantung

Jantung koroner adalah salah satu jenis penyakit jantung yang biasa diatasi dengan mengonsumsi jengkol. Penyakit jantung koroner terjadi karena penyempitan pembuluh darah.

Penyempitan tentu saja akan membuat aliran darah ke jantung menjadi tidak lancar. Kandungan mineral dalam jengkol akan membuat pembuluh darah melebar. (*/FR)

(hel)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *