Festival Lingkungan Astra : Aksi Nyata Bersama Masyarakat untuk Keberlanjutan Ekosistem

Direktur Astra Gita Tiffani Boer dalam sambutannya pada Festival Lingkungan Astra ke-5 yang dilakukan secara virtual pada hari ini (18/6).


FULLRIAU.COM — Sumber daya alam dan lingkungan merupakan aset berharga untuk keberlangsungan hidup manusia. Dalam upaya melestarikan lingkungan di Indonesia, Astra mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak bersama-sama demi keberlanjutan lingkungan hidup melalui Festival Lingkungan Astra 2021.

Pelaksanaan Festival Lingkungan Astra yang telah memasuki tahun kelima, mengangkat tema Mimpi dan Aksi Nyata untuk Keberlanjutan Ekosistem Indonesia, sesuai tema hari lingkungan hidup sedunia yakni Pemulihan Ekosistem.

“Astra berkomitmen untuk berkontribusi dalam keberlanjutan ekosistem lingkungan hidup dengan melakukan upaya mitigasi dan adaptasi dampak perubahan iklim, serta kampanye dan aksi lingkungan yang telah tersebar di seluruh Indonesia. Semoga kontribusi sosial berkelanjutan Astra di bidang lingkungan dapat memberikan manfaat untuk ekosistem lingkungan hidup di Indonesia,” ujar Direktur Astra Gita Tiffani Boer dalam sambutannya pada Festival Lingkungan Astra ke-5 yang dilakukan secara virtual pada hari ini (18/6). Rangkaian kegiatan Festival Lingkungan Astra telah dilakukan selama sepekan sejak 14 Juni 2021 hingga acara puncak 18 Juni 2021.

Festival Lingkungan Astra diawali dengan sesi talkshow yang mengangkat tema Responsible Consumption dan Astra Green Energy dalam mendukung yang upaya mitigasi perubahan iklim yang dilakukan di internal Grup Astra dan eksternal Grup Astra melalui program Astra Green Energy Student Innovation. Kegiatan ini merupakan wadah bagi mahasiswa dan pelajar SMA/SMK untuk menunjukkan inovasi di bidang energi dalam mendukung penurunan emisi gas rumah kaca, saat ini sebanyak 195 tim telah berpartisipasi dalam Astra Green Energy Student Innovation 2021.

Pada hari kedua, festival tersebut berfokus dengan tema Semangat Kurangi Plastik yang saat ini telah menjadi gerakan bersama Grup Astra dan masyarakat melalui pengelolaan bank sampah yang ada di Kampung Berseri Astra. Bank Sampah Innovation Competition yang merupakan bagian dari gerakan Semangat Kurangi Plastik oleh bank sampah induk dan bank sampah unit, diikuti oleh 112 Bank Sampah di seluruh Indonesia.

Sejak Februari 2020 hingga Mei 2021, gerakan Semangat Kurangi Plastik berhasil mengurangi 498,6 ton sampah plastik. Angka tersebut berasal dari 105 ton sampah plastik Grup Astra dan selebihnya yaitu 393,6 ton yang dikelola dari 87 Bank Sampah binaan Grup Astra di seluruh Indonesia.

Pada hari ketiga, festival mengangkat tema Jambore Adiwiyata Astra di mana fokus kegiatan meliputi talkshow, penanaman pohon, dan konservasi keanekaragaman tanaman buah langka nusantara melalui program Pranaraksa. Untuk mendukung upaya tersebut, pada hari keempat, festival fokus pada adaptasi perubahan iklim, di mana diadakan talkshow tentang pembinaan Program Kampung Iklim (Proklim).

Pada hari kelima yang merupakan puncak festival, mengangkat tentang berbagai kegiatan lingkungan yang dihadiri oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Helmi Basalamah dan dilanjutkan dengan Eco-Talk dengan tema Mimpi dan Aksi Nyata untuk Keberlanjutan Ekosistem Indonesia.

Narasumber yang hadir pada Eco-Talk tersebut antara lain Co-Founder Octopus Indonesia Moehammad Ichsan dan penerima apresiasi 11th SATU Indonesia Awards 2020 Tingkat Provinsi Bidang Lingkungan Asri Aldila serta Head of CSR Astra Bondan Susilo. Kontribusi sosial berkelanjutan Astra di bidang lingkungan ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) dan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa. ****

Editor: Wadami

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *