Kepala SKPD Jangan Pakai “Kaca Mata Kuda” Bupati: Sering turun ke lapangan

BENGKALIS– Bupati Bengkalis, Amril Mukminin kembali mengingatkan seluruh kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SKPD), untuk sering turun ke lapangan, menyerap aspirasi dari masyarakat. Semakin banyak turun dan komunikasi dengan masyarakat, semakin banyak informasi yang didapat.
“Kepala dinas jangan hanya pakai kaca mata kuda, apa yang di depan saja yang dilihat, sementara perkembangan dan persoalan di kiri kanan tak pernah dihiraukan,”ujar Bupati baru-baru ini.
Dikatakan, sebagai Kepala Daerah, dirinya memang sering turun ke kecamatan dan desa-desa. Bahkan sebagian besar waktu kerjanya dihabiskan dengan turun ke kampung-kampung.
“Bukan sekadar turun ke lapangan, tapi menyerap aspirasi lalu memetakan berbagai persoalan yang ada untuk kemudian disusun menjadi sebuah program kerja di SOPD yang dipimpin,” jelas Bupati.
Akibat kepala dinas dan pejabat tidak pernah turun ke lapangan, banyak kegiatan atau program yang tidak tepat sasaran bahkan sebagian ada yang copy paste. Selain itu kata Bupati, perencanaan yang dibuat yang dibuat juga tidak matang alias setengah-setengah.
Kondisi seperti itu terjadi kata Bupati, karena pimpinan SKPD tidak pernah turun ke lapangan, tidak tahu di mana lokasi proyek. Sehingga menerima saja apa yang dirancang atau disampaikan oleh staf.
Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga meminta kepala SOPD atau pejabat yang mewakili untuk memenuhi setiap undangan Musrenbang mulai dari tingkat desa hingga Kecamatan. Dirinya mendengar ada keluhan dari perangkat desa, karena saat Musrenbangdes digelar, banyak pejabat SOPD yang tidak hadir kendati undangan sudah disampaika jauh-jauh hari.
“Kalau Musrenbang yang di seputaran kota saja tidak mau datang, bagaimana yang lebih jauh, pasti lebih parah lagi. Saya mau hal-hal semacam ini tidak terulang, harus hadir, apalagi jika ada program berkaitan dengan kepentingan masyarakat banyak,” pesan Bupati. (*/FR)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *