Mourinho: Chiellini dan Bonucci Cocok Jadi Dosen Bek Tengah .

FULLRIAU.COM — Chiellini dan Bonucci menjadi sosok penting di jantung pertahanan timnas Italia yang keluar sebagai kampiun Euro 2020. Bagi pelatih AS Roma, Jose Mourinho, begitu mengagumi cara main Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci sampai-sampai melontarkan ide agar kedua bek Italia itu mengajar cara menjadi bek tengah di dalam perkuliahan.

Bagi Mourinho, kedua pemain Juventus itu memiliki kualitas unggul sebagai palang pintu tim dan bermain dengan taktis.

“Dia [Chiellini] tahu apa yang dia lakukan. Ini adalah pemain belakang yang top dan orang yang sangat pintar. Saya pernah menghadapi Juventus ketika masih bersama Manchester United beberapa musim lalu, dan setelah pertandingan di Old Trafford, saya berkata, ‘Kedua orang ini harus ke Universitas Olahraga dan memberi pelajaran tentang bagaimana cara menjadi bek tengah’,” kata Mourinho.

Salah satu momen yang menarik perhatian Mourinho tentang cara bek Gli Azzurri bekerja adalah ketika Chiellini menarik kaus Bukayo Saka yang sedang bersiap lari menembus daerah sepertiga akhir lapangan dalam laga final Euro 2020.

“Apa yang Chiellini lakukan kepada Saka menunjukkan segalanya. Dia membuat satu-satunya kesalahan di pertandingan, dia tertinggal di garis tepi. Ketika Saka akan berlari, ‘Kamu tidak akan ke mana-mana, kamu tetap di dekat saya, kaus ini jadi milikku dan kamu tidak bisa pergi’,” ucap Mourinho kepada Talksport dikutip dari Football Italia.

Setelah membawa Italia meraih gelar Euro untuk kali pertama setelah 55 tahun, Chiellini dan Bonucci pun diperbincangkan terkait kesanggupan bermain di Piala Dunia 2022. Baca juga: 3 Alasan Messi Tak Layak Dapat Ballon d’Or 2021 Menurut Mourinho, faktor usia tak menghalangi Chiellini dan Bonucci bersaing di level teratas sepak bola dunia.

“Mungkin dalam beberapa tahun lagi, mereka masih bisa melakukannya. Mungkin Chiellini tidak bisa melakukannya setiap tiga hari, terkadang dia butuh istirahat, terkadang ada cedera kecil yang terjadi di awal musim, tetapi mereka berdua bisa bersiap di level tertinggi,” ujar pelatih asal Portugal tersebut. Chiellini akan berusia 37 pada Agustus mendatang, dan Bonucci akan merayakan ulang tahun ke-35 pada Mei tahun depan. ***

Editor: Wadami

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *