Pasangan Bill Gates dan Melinda Gates Cerai, Melinda Jadi Wanita Terkaya Dunia

Pasangan kaya Bill Gates dan Melinda Gates memilih untuk berpisah.

FULLRIAU.COM — Pasangan kaya Bill Gates dan Melinda Gates memilih untuk berpisah. Mereka bercerai usai menjalin bahtera rumah tangga selama 27 tahun lamanya.

Perceraian pasangan ini menarik perhatian publik. Salah satu yang menarik adalah kemungkinan Melinda yang akan menjadi wanita terkaya kedua di dunia, dengan total kekayaan diperkirakan mencapai US$ 73 miliar atau setara Rp 1.036 triliun (kurs Rp 14.200) atau Rp 1 kuadriliun lebih.

Dalam petisi perceraian yang diajukan pada hari Senin di pengadilan superior King County di Seattle, Washington, Melinda Gates menyatakan bahwa pernikahannya dengan multi-miliuner pendiri Microsoft, Bill Gates telah hancur dan tak dapat diperbaiki. Dia meminta pengadilan untuk membagi kekayaan gabungan mereka sebesar US$ 146 miliar.

Dalam perceraian tersebut kemungkinan besar harta gono-gini akan dibagi rata 50-50. Sebab dalam petisi perceraian itu mengungkapkan bahwa pasangan itu tidak menandatangani perjanjian pranikah, sehingga menurut hukum negara bagian Washington pasangan yang bercerai diharapkan bisa membagi aset mereka secara merata.

Jika itu benar, maka harta Melinda Gates jumlahnya hanya lebih rendah dari Françoise Bettencourt Meyers, pemilik L’Oreal berusia 67 tahun sebesar US$ 83 miliar. Dia didapuk sebagai wanita terkaya di dunia.

Menurut indeks miliarder Bloomberg, Bill Gates saat ini menduduki peringkat keempat terkaya di dunia, dengan total kekayaan sekitar US$ 146 miliar. Namun, dia akan jauh lebih kaya jika dia belum memberikan setidaknya US$ 40 miliar untuk lembaga amal pasangan itu yakni Bill and Melinda Gates Foundation.

Perceraian itu juga mempertanyakan masa depan upaya filantropi pasangan tersebut melalui yayasan. Apalagi yayasan itu juga juga menarik uang tunai dari pendonor lain, mulai dari sesama miliarder Warren Buffett hingga pemerintah Inggris.

Sementara pasangan itu mengatakan mereka akan tetap menjadi ketua bersama yayasan. Beberapa ahli menyarankan pasangan yang bercerai mungkin memiliki pandangan yang berbeda dan sangat kuat tentang arah kegiatan amal mereka di masa depan.

Bill and Melinda Gates Foundation terbilang sangat besar yang mempekerjakan 1.600 staf dan berbasis di Seattle. Yayasan itu telah menyebar US$ 50 miliar untuk proyek-proyek di 135 negara sejak didirikan pada tahun 2000 dan masih memiliki aset senilai US$ 43 miliar. ***

Editor: Wadami

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *