PKL GP ANSOR RIAU : MENCETAK KADER IDEOLOGIS

FULLRIAU.COM — Sekitar pukul 14.00 WIB, kami, rombongan peserta yang dipercaya untuk mengikuti acara Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan (PKL) Pemuda Ansor Riau se Provinsi Riau berkumpul di Asrama Haji Provinsi Riau.

Kegiatan bertemakan PW GP Ansor Riau mencetak kader ideologis, berkarakter dan berintegritas, rencana akan digelar 02-05 April 2021 dengan materi tersusun sangat baik dan sangat strategis.

Satu hal yang menarik dapat ditangkap yaitu ruh kaum Nahdliyin sejak penyambutan tamu dengan kain sarung, gema musik hadroh hingga shalawat badar. Lalu dibuka dengan pembacaan Surat Al-Ahzab ayat 21. Apalagi dengan merdunya suara qoriah membacanya sehingga makin membuat khidmat kegiatan.

Menariknya, dalam PKL PW GP Ansor Riau kali ini, ada tiga suku kata yang tegas kemana arah mau dicapai dalam mencetak kadernya yaitu ideologis, berkarakter dan berintegritas. Hal ini juga berulang kali disampaikan, Ketua PW GP Ansor Riau, Sahabat Purwaji dalam sambutannya yaitu mencetak kader tawasuth dan moderat sehingga pemimpin dan kader Ansor menjadi lebih berintegritas tinggi dan tidak cengeng.

Ingat, GP Ansor tidak sendirian. Tapi Gerakan Pemuda (GP) Ansor yang didalamnya terdapat Barisan Serbaguna (Banser) dilahirkan dari rahim Nahdlatul Ulama (NU). Oleh sebab itu, keberadaan Ansor tak pernah bisa lepas dari NU, jika NU rumah, Ansor dan Banser adalah pagar teralisnya. Dan yang paling penting Ansor itu pelindung sekaligus pembela NU

Organisasi didirikan April 1934, Ansor selalu punya peram strategis dalam mendukung lini gerak organisasi NU. Tak hanya pelindung NU, Ansor adalah ruang godok bagi kader militan yang kelak berjuang di rumah besar bernama NU.

NU adalah ibu kandung bagi Ansor dan Banser. Selain mensyiarkan ajaran-ajaran Islam Ahlussunah wal Jamaah An-Nahdliyah, NU juga identik sebagai ormas Islam yang selalu bergerak dengan nafas semangat kebangsaan. Keberpihakan NU pada keutuhan bangsa, tak diragukan lagi. “Ansor Riau Maju Terus” ***

*dawami bukitbatu, Dosen Komunikasi dan pegiat Lingkar Literasi Tafidu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *