PWI Riau Gelar Sosialisasi Uji Kompetensi Wartawan di Dumai

DUMAI – Guna meningkatkan profesionalisme para jurnalis, PWI Kota Dumai bersama PWI Provinsi Riau mengelar Sosialisasi Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Kota Dumai di Aula Kantor Dinas Perhubungan Kota Dumai, Rabu (8/3). Pada sosialisasi ini disampaikan betapa pentingnya para jurnalis mengikuti UKW.
Terutama untuk meningkatkan profesionalisme para jurnalis. “Ini adalah upaya peningkatan kompetensi wartawan, yang akan menjadi bagian melaksanakan tugas dengan sertifikasi kompetensi,” ujar Sekretaris PWI Riau, Eka Putra Nazir di depan para jurnalis di Dumai, Rabu siang.
Nantinya ada tiga tingkatan wartawan yang bakal mengikuti UKW di Dumai. Mulai dari Wartawan Muda, Wartawan Madya dan Wartawan Utama. Tes tersebut bakal digelar pada 30 Maret 2017. Rencananya akan digelar selama dua hari.
Eka menyebut bahwa sosialisasi ini adalah bentuk persiapan jelang para peserta jelang menjalani UKW pada akhir Maret 2017 nanti. Ia menyebut ada serangkaian tes yang bakal dijalani para peserta. Materinya sesuai dengan tingkatan UKW yang diikuti para peserta, tapi masih berkisar dapur redaksi media massa.
Maka Eka berharap calon peserta UKW di Dumai bisa mempersiapkan diri. Apalagi masih ada waktu jelang UKW digelar. Saat baru 200 wartawan di Riau yang sudah memperoleh Sertifikat UKW.
Pada tahun ini UKW memasuki angkatan kedelapan, secara bertahap seluruh wartawan di Bumi Lancang Kuning memperoleh sertifikat UKW. Media massa di Provinsi Riau satu persatu sudah terververifikasi. Saat ini baru dua media massa yang sudah terverifikasi oleh dewan pers.
“Kini sekitar 20 media massa dalam tahap verifikasi administrasi,” ujar Ketua HPN 2017 Tingkat Provinsi Riau ini.
UKW di Dumai adalah satu rangkaian kegiatan HPN tingkat Provinsi Riau 2017. Rencananya Puncak HPN tingkat provinsi bakal dipusatkan di Dumai pada 5 Mei 2017 mendatang.  (*/FR)
(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *