Satlantas Polres Dumai Mulai Terapkan e-Tilang

DUMAI– Satuan Lalulintas Polisi Resort Kota Dumai mulai berlakukan tilang elektronik kepada pelaku pelanggar lalulintas di Kota Dumai.

Senin (7/2) kemarin Satuan lalulintas mulai memberikan kartu tilang elektronik kepada masyarakat yang melakukan pelanggaran lalulintas dan kedepan untuk proses tilang secara elektronik ini kedepannya akan terus diberlakukan.

Hal demikian disampaikan, Kasatlantas Polres Dumai AKP Emil Eka Putra SH SIK, Selasa (8/2) mengatakan, bahwa pihaknya telah mulai memberlakukan proses tilang secara elektronik di Kota Dumai ini.

“Semenjak kemarin (Senin, red) kita sudah mulai berlakukan sidang elektronik tersebut dan kedepannya akan terus kita berlakukan selain tilang manual juga akan terus kita terapkan kepada masyarakat yang melakukan pelanggaran lalulintas,” ujar AKP Emil.

Saat ini lanjut Emil menjelaskan, sudah puluhan surat tilang elektronik dilayangkan kepada pengguna jalan meski baru kita aktifkan mulai Senin kemarin. Dan pelanggaran seperti menerobos trafik light, melawan arus lalulintas dan tidak menggunakan helm masih menjadi penyumbang pelanggaran yang dominan di Kota Dumai ini.

“Nantinya setiap masyarakat yang mendapatkan surat tilang elektronik ini tidak perlu lagi mendatangi pengadilan guna mengikuti proses sidang tilang seperti biasanya namun cukup dengan membayar denda tilang di Bank BRI sebagai bank yang ditunjuk untuk tempat membayar denda tilang,” kata Kasat Lantas.

Dimana dengan surat keterangan pembayaran denda tilang dari Bank BRI bisah digunakan untuk mengambil surat surat kendaraan yang ditahan polisi namun untuk kendaraan akan kita proses kelengkapannya sebelum diserahkan kembali kepada pemiliknya.

“Jika denda dibayar sebelum persidangan untuk barang bukti yang disita bisah diambil langsung di kepolisian namun kalau sudah melalui prosea sidang maka pengambilan barang bukti sitaan seperti surat surat diambil melalui kejaksaan sebagai pengeksekusi keputusan pengadilan,” terang Emil.(*/FR)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *