Sisi Istimewa Konferprov XV PWI Riau PWI Gandeng IKM Promosikan Produk Lokal

FULLRIAU.COM — Pelaksanaan Konferensi Provinsi (Konferprov) XV PWI Riau di Negeri Junjungan Bengkalis begitu sangat menarik perhatian peserta Konferprov dari seluruh Anggota PWI kabupaten/kota se-Riau, Kamis (23/6/2022) pagi.

Sisi Istimewa Konferprov PWI di Bengkalis, bukan hanya ajang memilih ketua dan dewan kehormatan PWI Riau, tapi juga dijadikan ajang handal tampilkan usaha produk lokal.

Dikesempatan menarik tersebut, Wakil Bupati H. Bagus Santoso langsung melihat stand bazar Industri Kecil Menengah (IKM) yang ditaja pada Konferensi Provinsi (Konferprov) PWI Riau di sisi kanan pintu masuk Gedung Cik Puan, Jalan Hangtuah-Bengkalis.

Sejumlah IKM mengisi seluruh stand yang dikemas panitia dalam bentuk Bazar Ole-Ole Khas Bengkalis, diantaranya IKM yang ada disana, madu lebah, kue mue olahan biji getah, belacan, aneka kerupuk, olahan sagu, batik hingga tanjak.

Pada kesempatan itu, Wabup Bagus Santoso mengajak Pers dan Perangkat Daerah (PD) ikut terlibat mempromosikan Industri Kecil dan Menengah di Negeri Junjungan.

“Bersamaan dengan Konferprov ini istiemewa menggandeng UKM, saya berterima kasih sekaligus mengajak media untuk membantu promosikan produk-produk yang ada di Kabupaten Bengkalis, kita bantu mereka kembali geliat usai pendemi melanda,” kata Bagus Santoso.

Sementara bagi PD terkait, seperti Dinas Koperasi dan UKM serta Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bengkalis, orang nomor dua di Negeri Junjungan ini mengharapkan partisipasi guna mendukung dan mendorong para pelaku usaha kian maju dengan terpenuhinya izin, Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) maupun pendampingan pelatihan serta yang terpenting memasukkan kedalam E katalog Lokal.

Intruksi Presiden Jokowi , pemerintah daerah minimal 40 persen belanja barang harus dibelikan produk produk lokal.

“Ini kita sudah punya produk batik lokal hasil pengrajin Bengkalis, pemerintah mesti hadir membatu mereka,” ujar Bagus Santoso.

Dikatakan Bagus Santoso hal tersebut bertujuan sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan dan nilai jual para pelaku usaha yang ada di Kabupaten Bengkalis.

Dalam kunjungan tersebut Bagus Santoso juga berbincang bersama sejumlah pelaku usaha terkait kendala dan sampai dimana produk telah berkembang.

Dukunganpun diberikan Bagus Santoso kepada para pelaku usaha dengan mengingatkan setiap produk harus melengkapi izin sesuai produk yang dipasarkan.

Pada tinjauannya itu, Bagus Santoso juga mencicipi dan membeli produk lokal. Turut mendampingi Kepala Dinas Perindag Zulpan, Dinas Koperasi, Ketua PWI Bengkalis Adi Putra, Anggota DPRD Riau Edy Moh Yatim, dan pengurus PWI Provinsi Riau.(PWI) ***

Editor: Taufik Kembung

(Visited 11 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.