Telaga Suri Perdana Pertamina Sungai Pakning Jadi Primadona Objek Wisata dan Rekreasi Keluarga

Telaga Suri Perdana di Komplek Pertamina Sungai Pakning dari berbagai sisi. Tampak keindahan telaga menambah indah ibukota Kecamatan Bukit Batu.

FULLRIAU.COM, BUKITBATU – Danau Buatan Telaga Suri Perdana milik Pertamina RU II Sungai Pakning kini menjadi primadona objek wisata dan taman rekreasi keluarga yang begitu nyaman di Sungai Pakning, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis-Riau.

Telaga Suri Perdana yang terus dibenahi menjadi semakin indah ini dirancang bermula dari kepedulian Managemen Pertamina RU II Sungai Pakning terhadap peningkatan nilai Estetika untuk ikut andil mendorong dan meningkatkan promosi daerah Negeri Junjungan di sektor pariwisata.

Demikian diungkapkan Kepala Humas Pertamina RU II Sungai Pakning, Rahmat Hidayat, Sabtu (2/6/2018), dia menceritakan tentang asal muasal di bangunnya danau buatan Telaga Suri Perdana yang memiliki keindahan alami tersebut.

”Berawal dari ketidak-nyamanan melihat lahan yang tumbuh dan berkembang sebagai semak belukar yang terbakar di musim panas dan banjir di musim hujan sekitar 7 tahun lalu, maka timbul rencana yang diprakarsai Yuyud Wahyudin, mantan manager Pertamina Sei Pakning. Kemudian dilanjutkan pengembangannya oleh manager seterusnya Herry Yawarto, dan Chusnul Arifin dan sampai pimpinan saat ini terus dibangun, sehingga kini lahan tersebut sudah menjadi Telaga Suri Perdana yang selalu ramai dikunjungi masyarakat, baik dari dalam maupun luar daerah,” cerita Rahmat.

Gerbang Telaga Suri Perdana menambah keindahan dan menarik masyarakat berkunjung.

Pohon-pohon yang hijau disekeliling Telaga Suri Perdana di Komplek Pertamina Sungai Pakning.

Keindahan jembatan penghubung menuju Telaga Suri Perdana banyak dimanfaatkan pwngunjung untuk foto.

Dikatakannya keberadaan Telaga Suri Perdana yang memiliki air alami berwarna bening kehijauan, didukung dengan fasilitas tempat bersantai seperti pendopo, miniatir jembatan, kursi buatan di tepian dana dan lainnya, membuat danai ini menjadi tumpuan rekreasi untuk masyarakat disekitar daerah operasi Kilang Production Sei Pakning dan tidak jarang pula wisatawan dari luar daerah ikut menikmatinya.

“Airnya yang jernih membawa makna tersendiri ditengah-tengah rawa berair disekitarnya. Saat ini kita terus mengelola dan melakukan pembenahan agar Telaga Suri Perdana semakin asri, tempat tumbuh berkembangnya keaneka ragaman hayati berbagai hidupan seperti burung, ikan dan lainnya, serta menjadi tempat rekreasi pekerja, keluarga dan masyarakat Sungai Pakning dan Kabupaten Bengkalis – Riau umumnya,” ungkap Kepala Humas Pertamina Pakning ini.

Terpisah Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis melalui Sekretaris Dinas, Nurminysah dikonfirmasi membenarkan bahwa keberadaan telaga suri perdana di jalan Cendana Komplek Pertamina Sungai Pakning Kecamatan Bukit Batu itu, saat ini menjadi tempat rekreasi favorit masyarakat tempatan maupun wisatawan dari luar.

“Memang danau itu sangat indah, airnya hijau kemudian ada miniatur pulau buatan pula di tengahnya, jadi sangat nyaman untuk dikunjungi jila ada waktu luang maupun saat jalan – jalan sore. Untuk itu kami mengajak masyarakat agar sama – sama menjaganya dengan baik sehingga menjadi kebanggaan bagi daerah kita, tentunya Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Disparbudpora mengapresiasi managemen Pertamina RU II Sungai Pakning yang sudah membukanya untuk masyarakat umum,” tutup Nurmisyah. (Infotorial Disparbudpora Kabupaten Bengkalis/FR)

(Visited 437 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.