Terima Beasiswa, Tingkatkan Pendidikan Sektor Pertanian Kepala Sawit

DUMAI – Sebanyak enam orang anak petani kelapa sawit di Kota Dumai menerima beasiswa. Saluran biaya pendidikan ini adalah merupakan kerja sama antara Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) dengan Badan Pengelola Dana perkebunan Kelapa Sawit dan Instiper Yogya dan Politeknik Citra Widya Edukasi Bekasi.
Demikian disampaikan Zufan Ismaini, Kamis (02/02) kemarin. “Setelah menerima beasiswa pada bulan Juli lalu, 6 orang anak petani kelapa sawit kota Dumai siap melaksanakan PKL. Untuk mahasiswa Dumai akan PKL di PTPN V Rokan Hilir selama dua bulan, dilanjutkan dua minggu di koperasi kelapa sawit.” ujarnya.
Dijelaskan Sekretaris Apkasindo Dumai Zufan tujuan adalah meningkatkan produktifitas perkebunan rakyat, “Jadi PKL ini adalah penerapan Link and Match dengan dunia kerja. PKL akan dilaksanakan didaerah tempat asal mahasiswa.” tambahnya.
Sesuai dengan rencana PKL akan dimulai tgl 6 Februari mendatang sampai 31 maret 2017, “artinya selama 2,5 bulan putra putri petani kelapa sawit akan dilatih oleh perusahaan kelapa sawit agar selepas PKL bisa mengolah kebun miliknya dari hasil PKL yang didapatkan.” paparnya.
Demikian hal itu diharapkan, melalui pemberian beasiswa tersebut dapat meningkatkan produktifitas perkebunan rakyat. “kita harapkan setelah lulus mereka kembali mengabdi ke perkebunan rakyat baik ke koperasi, kelompok tani atau menjadi petani swadaya.” pungkasnya.
“Untuk catatan beasiswa yang diberikan ini setara dengan mandor perkebunan. artinya mereka sudah belajar mulai dari persiapan lahan ,pembibitan, penanaman, perawatan, panen dan pengetahuan lainnya seperti pengolahan minyak sawit, bagaimana cara memperoleh sertifikasi ISPO dan lain lain. Dan program beasiswa ini juga akan dilaksanakan pada tahun 2017.”tutup Zulfan. (*/FR)
(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *