Tour de Bintan Usai, Semua Merasa Happy

Even sport tourism Tour de Bintan 2017 di Pulau Bintan benar-benar membawa banyak berkah bagi kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau itu. Hotel-hotel di pulau yang sangat dekat dengan Singapura itu panen tamu.

Yang tak kalah pentingnya, Tour de Bintan masuk dalam kalender balap sepeda dunia kategori Grand Fondo
World Series 2017. “Nyaris tidak ada kamar kosong, dan semua hotel dinyatakan fully booked. Itu pertanda event ini sukses besar,” kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Minggu (5/3).

Ucapan menteri asal Banyuwangi itu memang tak mengada-ada. Bintan benar-benar sangat ramai pada 3-5 Maret 2017 lantaran penuh turis. Bayangkan, 1.153 pembalap 42 negara datang ke kawasan yang berseberangan dengan Singapura itu.

Angka itu belum termasuk tenaga medis, mekanik dan tenaga logistik yang biasa dibawa peserta lomba balap
sepeda. Bila dikalikan tiga, angkanya sudah jauh melampaui jumlah anggota rombongan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud ke Indonesia yang mencapai 1.500 orang.
anggota delegasi Raja Salman ke Indonesia.

“Commercial dan social value juga sukses. Industri hotel panen raya,” kata Arief.

Denyut nadi perekonomian Bintan langsung berdetak sangat kencang. Industri hotel langsung merasakan manisnya Tour de Bintan 2017.

Tengok saja ketersediaan kamar Swiss-Bell Hotel di Lagoi
Bay. Saat even berlangsung, tidak ada lagi ruang yang bisa disewa untuk bermalam di sana.

Nirwana Resort Hotel yang bertarif Rp 3 juta-an per malam juga tidak bisa menerima tamu lagi. Begitu pula dengan Sanchaya Bintan yang menyediakan private beach.

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *