Wabup H Bagus Santoso Pantau Kepatuhan Prokes di Pasar Terubuk

Wakil Bupati Bengkalis, H Bagus Santoso juga ketua tim Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Prokes Covid-19

FULLRIAU.COM – Tim Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 Kabupaten Bengkalis, Selasa (25/5) melakukan pemantauan kepatuhan Prokes di Pasar Tradisional Terubuk Bengkalis.

Dipimpin Wakil Bupati Bengkalis, H Bagus Santoso juga ketua tim Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Prokes Covid-19, melakukan pemantauan dengan membawa petugas menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap dari Dinas Kesehatan (Dinkes), Satpol PP, TNI serta Polri.

Sebelum bergerak melakukan pemantauan dilapangan, Wabup bersama Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Lizardo Gumay memberikan arahan di halaman Kantor Dinas Kesehatan Bengkalis terkait penegakan disiplin yang bakal dilakukan di Pasar Terubuk Bengkalis.

Hasil pemantauan, ditemui sejumlah masyarakat yang tidak mengenakan masker. Para pelanggar prokes tersebut masih diberikan peringatan, dan diingatkan untuk tidak melakukan kesalahan yang sama dan kemudian diberikan masker secara gratis oleh petugas.

Tidak hanya itu, petugas juga mengambil sampel empat orang diantaranya sejumlah pedagang, pembeli dan petugas parkir untuk dilakukan rapid antigen secara gratis.

Dari pengecekan tersebut, tidak satupun dari sampel acak itu reaktif Covid-19, “Kami berada disini untuk memberi tahu kepada seluruh pengunjung pasar agar mematuhi protokol kesehatan. Gunakan masker, jaga jarak. Ingat Covid-19 itu nyata dan ada,” ujar Wabup Bagus Santoso.

Bagus Santoso mengungkapkan bahwa aktivitas berdagang harus terus dilakukan, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan, “Saya juga melihat andil Bank BRI dengan menyediakan tampat cuci tangan. Mudah-mudahan bank lain, perusahaan lain juga ikut andil untuk memberikan kesadaran masyarakat menjaga kesehatan,” lanjutnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Bengkalis, Imam Subchi menyebut bahwa hari Kamis depan bakal dilakukan vaksinasi masal tahap II di Yayasan Vihara Hok Ann Kiong dan juga di Kecamatan Mandau.

“Terutama lansia dan petugas yang berhubungan langsung dengan masyarakat diharapkan vaksinasi masal dengan menghubungi puskesmas. Kami kohon kerjasama masyarakat dan kami himbau tetap patuhi 3 M,” ajak Imam.

Imam juga mengingatkan masyarakat untuk tidak salah paham akan vaksinasi, “Kadang masyarakat keliru, mengira kalau setelah vaksinasi akan kebal semuanya. Salah, kita harus sama-sama menjaga, prokes harus juga diterapkan,” ujarnya.

Selain pemantauan kepatuhan Prokes itu, Wabup Bagus Santoso mendapat keluhan pedagang yang berjualan di dalam pasar akibat banyaknya pedagang yang berjualan di pinggir jalan menuju pasar.

“Saya harapkan pihak Disperindag dan Satpol PP segera mengajak pedagang berjualan untuk menggunakan los yang sudah disediakan dan tidak boleh berjualan lagi di sepanjang jalan,” imbuh Bagus Santoso. ***

Editor: Wadami

Penulis: Taufik Kembung

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *