Walikota Dumai Zulkifli AS Serahkan Sertifikasi Hotel Bintang dan Non Bintang

DUMAI  — Sebanyak Empat hotel dan penginapan yang ada dikota Dumai akhirnya memperoleh Sertifikasi Hotel Bintang dan Non Bintang di Kota Dumai. Setelah dilakukan sertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Usaha (LSU) Bidang Pariwisata Adi Karya Wisata Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Kegitan itu berlangsung di Hotel Grand Zuri,  Senin (20/2) pagi. Proses penyerahan sertifikasi dilakukan oleh Walikota Dumai, Zulkifli AS. Tim Sertifikasi LSU Bidang Pariwisata Adi Karya Wisata Yogyakarta, Yuhardi Manaf berpesan agar tetap menjaga standarisasi fisik dan layanan. Setiap tahun nantinya auditor akan melakukan pemeriksaan lagi, guna melihat seperti apa pengelola hotel dan manajemen menjaga standar layanan hotel.
Sertifikasi usaha hotel ini diantararanya ada yang baru diberikan dan ada juga peningkatan bintang. Seperti yang diberikan kepada Grand Zuri Dumai, sertifikasi ini diberikan untuk kenaikan bintang. Sehingga Grand Zuri Dumai kini menjadi hotel bintang empat di Dumai.
Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Dumai, Jamini Ishak mengatakan bahwa secara keseluruhan
Ada 11 hotel yang menjalani sertifikasi. Namun yang berhasil memperoleh sertifikasi hanya lima hotel dan pengingapan. Grand Zuri Dumai naik bintang dari bintang tiga menjadi bintang empat.
Lalu Hotel Superstar menjadi bintang dua. Sedangkan Wisma D Nusantara menjadi hotel bintang satu. Serta Hotel City menjadi hotel bintang dua dan satu hotel lagi yakni Hotel Comfort Dumai memperoleh sertifikat hotel bintang tiga.
“Tapi penyerahan untuk sertifikat Hotel Comfort Dumai ditunda sementara, sebab mereka akan berganti nama,” ujar Jamini.
Sertifikasi dilakukan guna meningkatkan kualitas layanan usaha perhotelan dari tingkat non bintang hingga bintang lima. Ia berharap setiap tahunnya hotel yang belum disertifikasi di Dumai akan menjalani sertifikasi. Sehingga pelayanan di hotel bisa terus ditingkatkan.
Saat ini ada 34 hotel dan penginapan yang ada di Kota Dumai. Tapi belum seluruhnya tergabung dalam PHRI. Jadi ia mengimbau agar pengusaha hotel dan penginapan bisa melakukan sertifikasi.
Sementara itu, Walikota Dumai, Zulkifli AS berpesan agar pengusaha hotel bisa meningkatkan layanan. Jadi tidak hanya fokus untuk meraih sertfikat menjadi hotel berbintang. Namun sembari memberikan layanan terbaik kepada masyarakat di Kota Dumai.
Pada kesempatan itu hadir, Letkol (Kav) Rendra Siagian (Dandim 0320 Dumai), Syarif (Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Dumai), Amiruddin (Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dumai), Awang (KSOP Dumai), Aguslianto (Manajer Umum Pelindo I Cabang Dumai), serta manajemen hotel dan penginapan yang memperoleh sertifkat tersebut. (*/FR)
(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *