25 Tenaga Damkar Berangkat ke Jakarta Ikut Diklat Fire 1

damkar klsBENGKALIS-– Sebanyak 25 orang tenaga Pemadam Kebakaran (Damkar) Bengkalis berangkat ke Jakarta. Keberangkatan 25 tenaga Damkar dari delapan kecamatan tersebut untuk mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Fire 1 di Pusdiklat Damkar Ciracas Jakarta.

Kepala BPBD-Damkar, Mohammad Djalal melalui Kabid Damkar, Drs Suiswantoro yang ikut mendampingi bersama dua Kepala Seksi, M Yunus dan Jhon Hendri mengatakan, diklat yang dikuti 100 orang peserta utusan Pemda dan Swasta se Indonesia bertujuan meningkatkan kompetensi tenada Damkar.

“Pendidikan pola 45 jam ini dimulai tanggal 17-21 Oktober 2016. Harapan kita tentunya, tenaga Damkar yang mengikuti Diklat ini menjadi lebih profesional. Memahami ketentuan peraturan dan teknis pemadaman serta peralatan,” sebut Suiswantoro.

Seperti juga disampaikan Kadis Damkar dan Penyelamatan DKI, Dr Subejo kata Suis, bahwa persoalan penting lainnya adalah, agar tenaga damkar mampu membaca kondisi guna menghindari resiko kecelakaa saat menjalankan tugas.

“Banyak hal yang perlu diketahui oleh petugas Damkar, tidak main semprot atau londi saja. Teknik-teknik di lapangan harus diketahui, pengeuasaan medan dan peralatan. Itu semua dimaksudka agar tenaga Damkar terhindar dafi resiko saat menjalankan tugas,” sebut Suis lagi.

Ditanya soal penanganan kebakaran, baik di gedung mapun di lahan atau hutan, kata Suis kedua medan tersebut sama penting untuk diketahui cara-cara penanganannya. Teknis penanganan dua medan tersebut turut dibahas dalam Diklat.

Dalam kesempatan tersebut kata Suis, pihaknya turut menyaksikam ketangkasan atlit-alit Damkar DKI yang sedang mengikuti latihan di gedung 6 lantai. Para atlit tersebut nantinya akan dikirim ke Singapura untuk mengikuti kompetisi pada bulan November mendatang. (*/FR)

 

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *