Buka MTQ Kabupaten Bengkalis: Gubri, Ajak Amalkan Isi Al Quran

 

MTQ-1

TANJUNGMEDANG— Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-41 tingkat Kabupaten Bengkalis , secara resmi telah dibuka oleh  Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rahcman , DI Desa Tanjung Medang,  Kecamatan Rupat Utara, Sabtu (24/9)  Pembukaan MTQ yang diawali dengan penyerahan piala bergilir dari Bupati Bengkalis Amril Mukminin kepada Ketua Umum Panitia Pelaksana H Heri Indra Putra, dilakukan Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman.

Gubri , dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan MTQ merupakan salah satu media dakwah untuk membumikan Al-Qur’an dan syiar Islam dalam kehidupan sehari-hari.

“Karena itu, mari kita jadikan MTQ ke-41 ini sebagai pemicu dan pendorong seluruh umat Islam di Kabupaten Bengkalis, khususnya di Rupat Utara ini untuk menggali, meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan pengamalan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari,” ajak Gubri

Sementara , sebelumnya , Bupati Bengkalis, H Amril  Mukminin dalam sambutanya mengajak seluruh umat Islam di daerah  menjadikan MTQ ke-41 ini sebagai momentum untuk memelihara kesucian Al-Quran dan syiar Islam.

“Untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah swt. Menjadi sarana dakwah bagi kemaslahatan, serta bagian penting pengamalan nilai-nilai universal Islam. Sebagai mutiara tuntunan hidup yang hakiki, di tengah tengah keluarga dan masyarakat, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Amril.

Kata Amril lagi, sesuai tema MTQ ke-41, maka Dia juga mengajak umat Islam di daerah ini menjadikan Al-Qur’an sebagai landasan spiritual untuk membangun kehidupan yang bermakna dalam rangka mewujudkan masyarakat yang religius, maju dan makmur.

“Serta untuk mempercepat keberhasilan pembangunan.  Bukan saja di Kabupaten Bengkalis, tetapi juga di Provinsi Riau,” ajak Amril.

Disaksikan ribuan pasangan mata warga Rupat Utara yang memadati lapangan Medang Perkasa Tanjung Medang tersebut, secara resmi pembukaan MTQ tersebut ditandai dengan penekan sirine oleh Gubri. Selain Bupati Bengkalis, ikut medampingi Gubri menekan sirine diantaranya Wakil Ketua DPRD Bengkalis Indra ‘Eet’ Gunawan, Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah yang juga Ketua Harian LPTQ Bengkalis H Arianto, Kapolres Bengkalis AKBP Hadi Wicaksono, Ketua Umum Pelaksana MTQ H Heri Indra Putra, Ketua Majelis Ulama  Indonesia H Amrizal, dan Camat Rupat Utara Agus Sofyan, Danramil 05 Rupat, Kapten Inf M Adhar Siang sebelum pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-41 tingkat Kabupaten Bengkalis yang dipusatkan di Desa Tanjung Medang, Kecamatan Rupat Utara, telah dilaksanakan pawai taaruf yang diikuti para kafilah dari 8 kecamatan yang ad di Kabupaten Bengkalis Pawai yang diresmikan Bupati Bengkalis Amril Mukminin  ini mendapat sambutan ribuan warga. Pawai yang di mulai jalan  depan pelabuhan Tanjung Medang itu finish di halaman Kantor Camat  Ð5 3 ŠRupat Utara.

Ikut mendampingi Bupati melepas pawai MTQ tingkat Kabupaten Bengkalis yang kali pertama diselenggarakan di Rupat Utara  itu Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis, Hj Kasmarni S Sos. Sementara dari unsur Muspida Bengkalis tampak hadir Kapolres Bengkalis AKBP Hadi Wicaksono beserta istri, Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah H Arianto,Ketua Umum Pelaksana MTQ Kabupaten Bengkalis, H Heri Indra Putradan Camat Rupat Utara Agus Sofyan.

Dengan dikawal aparat kepolisian, kafilah yang pertama tampil dalam pawai itu adalah Kecamatan Bukit Batu. Selain menampilkan marching band, kafilah kecamatan yang dipimpin Reza Noverindra ini menampilkan mobil hias miniatur masjid dan kilang minyak Pertamina yang memang terdapat di kecamatan tersebut.

Setelah Bukit Batu, kafilah yang tampil adalah Kecamatan Siak Kecil. Pada pawai kali ini, kafilah kecamatan yang dinakhodai Mulyadi ini menampilkan mobil hias berbentuk rumah adat Melayu Riau.Di belakang Siak Kecil, kafilah ketiga yang tampil dari Kecamatan Mandau. Kendaraan hias yang ditampilkan kafilah  kecamatan yang dipimpin Djoko Edi Imhar ini berbentuk miniatur  kapal nelayan. Sebagaimana Bukit Batu, kafilah Mandau juga menampilkan group marching band.

Usai Mandau, kafilah Kecamatan Pinggir tampil diurutan keempat. Kendaraan hias yang ditampilkan kafilah kecamatan  yang dinakhodai Fahrizal ini berbentuk miniatur masjid dengan kubah warna hijau.Kafilah Kecamatan Bantan tampil diurutan kelima  dengan mobil hias berbentuk kapal penumpang. Meskipun tidak  menampilkan marching band, kafilah kecamatan yang dipimpin Syamsul Bahri ini dimeriahkan dengan penampilan grup kompang.

Menyusul Bantan, kafilah yang tampil selanjutnya dari  Kecamatan Bengkalis. Mobil hias yang ditampilkan  kecamatan yang dipimpin H Sapon ini adalah miniatur Masjid Kuning yang merupakan  salah satu masjid tertua dan cukup terkenal di Kecamatan Bengka lis. Kafilah yang tampil diurutan ketujuh pada pawai terse but adalah dari Kecamatan Rupat. Mobil hias yang ditampilkan  kecamatan yang dipimpin Hanafi ini berbentuk masjid. Selain grup  kompang, kafilah Rupat juga menampilkan marching band. Bahkan  untuk pawai ini kafilah Rupat membawa dua grup marching band.

Sedangkan kafilah yang terakhir tampil dari tuan rumah, Kecamatan Rupat Utara. Selain dua mobil hias dalam bentuk  miniatur masjid, kafilah kecamatan yang dipimpin Agus Sofyan ini  juga menampilkan ‘pasukan berkuda’, marching band, barisan pemuka  adat, dan pelajar dari berbagai sekolah di Rupat Utara.

Selain grup Reog Ponorogo dan sebagai bentuk toleransi pada pawai tersebut, Rupat Utara juga menampilkan grup Barongsai.Dalam kata sambutan Amril berharap, rangkaian kegiatan MTQ ke-41 tingkat Kabupaten Bengkalis ini dapat menumbuhkan kekompakan masyarakat khususnya yang ada di Rupat Utara.”Mudah-mudahan dengan kegiatan yang kita laksanakan ini menaruh hikmah yang besar bagi masyarakat setempat. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *