Akhir Pekan,Berpetualang ke Taman Nasional Gunung Halimun Salak Yuk

BAGI Anda yang sedang mencari pertualangan outdoor untuk keluarga, mungkin Taman Nasional Gunung Halimun Salak, di Kabandungan, Jawa Barat, bisa menjadi rekomendasi yang tepat.

Hampir 70 persen taman ini memiliki hutan tropis, dan telah menjadi penelitian laboratorium untuk meneliti spesies langka. Macan leopard Jawa (Panthera pardus melas), siamang silver, dan Surili Jawa (Presbytis comata) menjadi penghuni di sana.

Ada banyak rute trekking yang bisa Anda tempuh. Ada yang berjarak 2,5 km dan 7 km, semakin jauh jaraknya maka Anda harus menginap di sana.Selama rute perjalanan, Anda akan melihat kehidupan binatang langka, siamang silver akan berkeliaran di balik pepohonan.

Selain menikmati pemandangan alam, saat berkunjung ke sini lebih baik manfaatkan waktu untuk belajar tanaman herbal, dan bunga terlebih di saat musim penghujan. Anda mungkin berkesempatan untuk melihat jamur yang ada di laboratorium.

Sebagaimana dikutip dari Asiaone, Sabtu (14/01/2017), taman ini juga menjadi habitat dari elang yang menjadi tempat tepat untuk menonton burung.

Bagaimana cara menuju ke sana?

Pengunjung bisa ke sini dengan membawa kendaraan pribadi ke arah Bogor. Lalu, lanjutkan perjalanan ke Parung kuda untuk mengunjungi situs ini.

 

Di mana tempat untuk menginap?

Bagi Anda yang ingin menginap di malam hari bisa mendirikan kemah di desa Citalahab. Di sana terdapat lodge yang bisa mengakomodasikan 20 orang. Atau menyewa homestay di rumah penduduk dengan harga Rp75 ribu hingga Rp100 ribu.

(ndr)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *