Beri Pelayanan Kesehatan Guru dan Siswa, SMKN 1 Mandau Buka Klinik Sekolah

KLINIK SEKOLAH2DURI – Untuk memberikan pelayanan kesehatan terhadap seribu lebih siswa, guru serta yang berada dilingkungan SMKN 1 Mandau, pihak sekolah membuka klinik di sekolah tersebut. Klinik yang baru beroperasi 1 Agustus 2016 ini dilengkapi dengan tenaga dokter dan bidan menempati ruangan yang disediakan.

“Kalau sebelumnya kita menyediakan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS),namun sekarang kita tingkatkan menjadi klinik. Sehingga saat siswa sakit pada saat proses belajar mengajar berlangsung dapat ditangai secara medis. Kita hadirkan 1 orang dokter sekali seminggu dan setiap harinya ada tenaga bidan,”kata Kepala SMKN 1 Mandau Zulfikar,SPd usai launching kemarin.

Ditambahkan bahwa pihaknya sekolah menyediakan peralatan emergency dasar dan juga obat-obatan.

“Selain untuk siswa, klinik juga dapat dianfaatkan bagi guru-guru dan pegawai. Sehingga penanganan siswa yang tiba-tiba sakit saat disekolah dapat ditangani secara professional,”imbuhnya.

Sementara itu menurut dr Deasy Rosariyah Harahap, tenaga dokter yang ditugaskan di klinik sekali seminggu tersebut mangatakan pihaknya melakukan tindakan pengobatan terhadap siswa, guru dan pegawai saat sakit di sekolah. Selain itu juga dapat melakukan emergency dasar. Kalau memang harus dirujuk akan kita dampingi sampai hingga sampai kerumah sakit, “terangnya mengakui hari pertama telah menangani 10 orang siswa dan guru.

Selain memberikan pelayanan pengobatan pihak klinik juga akan memprogramkan penyuluhan dan edukasi ringan tentang kesehatan kepada seluruh siswa

“Kita harapkan dengan klinik ini, pelayanan kesehatan siswa dapat ditingkatkan, karena peralatan kesehatan dasar sudah dilengkapi pihak sekolah, “tutupnya. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *