Cara Cerdas Mengatur Gaji Bulanan

tiga-cara-cerdas-mengatur-gaji-bulanan-dSNezIfnjbKEBIASAAN yang Anda jalankan setiap harinya menentukan seperti apa masa depan Anda. tidak terkecuali juga dalam masalah keuangan, cobalah amati dan pahami cara dan kebiasaan Anda dalam mengelola keuangan.

Apabila sampai pada saat ini kondisi keuangan Anda masih carut marut, memiliki penghasilan rutin bulanan namun di sisi lain tidak dapat menikmatinya atau pas-pasan bahkan defisit setiap akhir bulan, mulai untuk mengintrospeksi diri Anda sendiri.

Apa yang seharusnya dilakukan agar kondisi keuangan saat ini bisa kembali berjalan dengan baik, tanpa harus takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan menimpa keuangan Anda. Lalu bagaimana seharusnya mengatur gaji Anda agar dapat memenuhi kebutuhan Anda setiap bulannya, berikut 3 cara cerdas mengatur gaji yang bisa Anda lakukan, seperti yang Cermati.com uraikan.

Sisihkan Sebagian Gaji untuk Menabung

Membiasakan diri Anda dengan hal yang positif tentu akan bermanfaat dikemudian hari. Cobalah untuk membuka rekening di bank yang sifatnya khusus hanya untuk menabung, bukan transaksi. Di mana Anda tidak melengkapinya dengan fasilitas kartu ATM, sehingga Anda tidak dapat mengambilnya dengan mudah. Ketika awal bulan saat gajian datang, segera transfer sejumlah uang ke rekening Anda yang lain.

Misalnya jika gaji Anda saat ini sebesar 2 sampai 3 jutaan sebulannya, maka kalkulasikan semua kebutuhan Anda selama sebulan, yang Anda kalkulasikan hanya kebutuhan pokok saja, jangan membiasakan untuk menghambur-hamburkan uang demi keperluan yang kurang penting.

Awalnya mungkin terasa sulit, akan tetapi jika Anda tekun terus menerus akan menjadi sebuah kebiasaan. Nantinya Anda akan menyadari bahwa menabung tidaklah sesulit dibayangkan

Kurangi Keperluan yang Sifatnya Kurang Penting

Ini adalah poin yang sangat penting, tidak dapat dipungkiri memang generasi pertama suka sekali ke kafe untuk sekedar minum kopi dan kumpul-kumpul. Bukan rahasia umum lagi jika rata-rata harga makanan dan minuman di kafe harganya lebih mahal.

Sekali pergi ke kafe Anda bisa menghabiskan sekitar 50-100 ribu ke atas untuk makanan dan minuman, bayangkan jika Anda mampu menahan keperluan tersebut selama waktu sebulan saja, Anda tidak hanya dapat menghemat banyak biaya pengeluaran, tetapi juga bisa mengontrol kondisi keuangan Anda saat ini.

Coba Untuk Berinvestasi

Jika dua hal di atas masih kurang juga dalam mengatur gaji yang Anda miliki, maka tak ada salahnya untuk mulai mencoba ikut dalam investasi. Ada banyak jenis investasi yang bisa Anda coba sebagai pemula, Anda juga bisa mengalokasikan sejumlah uang Anda untuk investasi pada saham, terlebih sekarang Anda tak perlu datang ke Bursa Efek Indonesia untuk membeli saham karena telah tersedia layanan investasi saham secara online.

Beberapa perusahaan bahkan layanan investasi saham secara online. Dengan fee kompetitif serta modal yang ringan, Anda bisa mulai menjajal investasi saham secara online melalui platform trading yang user-friendly, karena dilakukan secara online, tentu Anda pribadi dapat mengawasi secara langsung pergerakan saham perusahaan Anda, kapanpun dan juga dimanapun, bahkan Anda dapat melakukannya saat bekerja di kantor, atau sesaat sebelum tidur.

Alokasikan Dengan Baik

Beberapa cara di atas jika diterapkan dengan baik, akan membantu Anda dalam hal mengelola serta mengalokasikan gaji Anda yang Anda terima untuk kebutuhan hidup, baik sekarang maupun di masa yang akan datang. Oleh karena itu mengalokasikan dengan baik pendapatan yang Anda terima menjadi poin penting, karena dapat membantu Anda terhindar dari banyak hal yang merugikan secara finansial nantinya.

(amr/okz)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *