Daihatsu Masih Meraba Pasar Pikap Mungil Hi-Max

MERAMAIKAN pasar kendaraan pikap di Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku agen pemegang merek (APM) mobil Daihatsu di Indonesia meluncurkan Hi-Max pada November 2016. Mengingat umurnya yang masih sangat muda, sampai saat ini Daihatsu masih mencari celah atau pasar mana yang cocok untuk menjual pikap berkapasitas mesin 1.000 cc itu.

“Kami masih mempelajari pasarnya, jadi masih mencari kira-kira di mana yang pas. Sementara ini masih belajar. Harga juga kami masih lihat-lihat, masih belajar,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, marketing and CR division head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), di Gorontalo, belum lama ini.

Pihaknya baru memasarkan Hi-Max secara penuh pada tahun ini, sebelumnya hanya kurang dari dua bulan sejak peluncuran.

Berdasarkan kinerja penjualan Daihatsu 2016, Hi-Max belum menunjukkan penjualan positif. Penjualan secara wholesales (dari pabrik ke diler) lebih tinggi ketimbang retailsales (diler ke konsumen). Data wholesales Hi-Max hingga tutup 2016 tercatat sebanyak 1.047 unit, sedangkan retailnya hanya 163 unit.

Hi-Max merupakan pikap yang diposisikan di bawah Gran Max dengan interior berdesain fungsional. Jantung pacunya menggunakan mesin bensin berkapasitas 1.000 cc KR-DE DOHC yang mampu menghasilkan tenaga 57 ps pada 5.000 rpm dan torsi 8,7 kg.m pada 4.000 rpm. Di pasar Jepang, Hi-Max ditawarkan dengan mesin 650 cc.

Datang dalam dua tipe, Hi-Max standar dibanderol Rp93,3 juta dan tipe tertinggi Rp103,3 juta on the road Jakarta.

Di Indonesia, ada beberapa pabrikan roda empat yang memasarkan pikap, seperti Mitsubishi dengan Colt T120SS dan Suzuki yang membuat Carry Futura dan APV. Namun kendaraan tersebut mengusung mesin di atas 1.400 cc. Banderolnya antara Rp95,5 juta-Rp147,5 juta. Ada juga Tata Motors dengan produk Tata Ace EX2, namun pikap itu mengusung mesin 700 cc. Maka, Daihatsu saat ini merupakan pemain tunggal di segmen pikap bermesin 1.000 cc.

(ton)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *