Disperindag Temukan Produk Kadaluarsa

17perindag sidak tokoBENGKALIS – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bengkalis melakukan inspeksi mendadak di Swalayan MM di Jalan Pattimura Kota Bengkalis Rabu (23/12/2015).

Dari sidak tersebut, Disperindag yang didampingi Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) menemukan barang kadaluarsa yang beredar di Swalayan tersebut diantaranya, makanan anak- anak, kue dan produk makan minum yang tidak berkode BPOM RI.

Menurut Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Kabupaten Bengkalis Raja Arlingga yang memimpin sidak, kegiatan Disperindag ke Swalayan MM merupakan kegiatan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Ada beberapa barang yang sudah kadaluarsa yang kita temukan, makanya kita berharap masyarakat harus lebih cerdas ketika membeli. Perhatian lebel barangnya, masa kadaluarsanya dan kode BPOM,” katanya.

Selain produk kadaluarsa, Disperindag Kabupaten Bengkalis juga menemukan kemasan produk yang rusak dan produk makanan yang tidak memiliki expired. Dari temuan tersebut, Disperindag menyita beberapa barang hasil temuan diantaranya, makanan bubur anak- anak, kue kering dalam kemasan, ikan kalengan, milo kemasan, dan kueh kaleng ukuran besar.

”Kita akan lakukan pembinaan. Namun kita harapkan jika masyarakat menemukan barang dan produk kadaluarsa, laporkan saja,” ujar Arlingga.

Sementara itu Ketua LPKSM Kabupaten Bengkalis Fadhli Syarifuddin menyesalkan adanya produk kadaluarsa yang dijual bebas.

“Jika masih ditemukan yang sama nantinya, kami LPKSM dengan Disperindag akan melakukan tindak tegas sesuai dengan undang- undangan perlindungan konsumen,” ucap Fadhli. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *