Distan Riau Gelar Gerakan Tanam Jagung di Bukit Batu

15-ft sapri  Sosialisasi Gerakan Menanam Jagung dan Foto BersamaBUKITBATU – Dinas Pertanian Provinsi Riau dalam rangka menunjang swasembada pangan,  Kamis (14/1/2016) sore menggelar Sosialisasi Gerakan Tanam Jagung di Desa Temiang, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis. Program Sosialisasi gerakan tanam jagung tersebut masuk dalam kegiatan Otsus Provinsi Riau, yang terus digalakkan oleh Pemerintah Provinsi untuk menunjang perkembangan pangan di daerah ini.

Pantauan di lapangan turut dihadiri Kepala Dinas Pertanian Riau yang diwakili Kepala Bidang Tanaman Pangan Gusriani, Dandim 0303 Bengkalis Wahyu, Perwakilan Camat Bukit Batu, Kepala UPTD Pertanian Bukit Batu M. Waluyo Subagyo, Perwakilan PT. Srijaya Internasional Aidil selaku rekanan Kementrian Pertanian, Sejumlah Anggota DPRD Bengkalis Dapil Bukit Batu – Siak Kecil, dan ratusan anggota Gapoktan sebagai peserta pada sosialisasi tersebut.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Riua melalui Kabid Tanaman Pangan, Gusriani dalam kesempatan tersebut menjelaskan Sosialisasi gerakan tanam jagung program otsus provinsi riau itu dilakukan di seluruh kabupaten kota se riau. “Mewakili Dinas Pertanian Provinsi Riau kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan, mulai dari anggota DPRD Bengkalis, Dandim, Koramil, Pemerintah Kecamatan Bukit Batu dalam upaya memerhatikan sektor pertanian kita saat ini,” sebut Gusriani.

Gusriani menjelskan pihaknya terus berupaya menuju peningkatan produksi indek penanaman di seluruh riau. Adapun kendalanya saat ini diantaranya kekurangan air apalagi pada musim tak menentu, kemarau yang cukup panjang. “Ramalan BMKG Februari tahun ini mulai kemarau, ini akan menjadi tantangan kita di bidang pertanian. Namun Kementrian Pertanian akan terus mencarikan solusi agar tanaman pangan termasuk jagung tidak mengalami hambatan untuk terus diproduksi,” tandas Gusriani.

Sementara itu Perwakilan PT. Srijaya Internasional, Aidil selaku rekanan kementrian pertanian dalam pendistribusian hasil jagung mengatakan pihaknya siap menampung hasil panen jagung dari petani dengan harga standar Nasional. “Kita dari PT Sri jaya Internasional selaku rekanan Kementrian Pertanian siap menampung hasil panen dan siap menandatangani MoU sesuai harga standar nasional dengan petani jagung termasuk di Kecamatan Bukit Batu ini, dan kita jamin hasil panen akan dapat didistribusikan setiap saat,” tutur Aidil. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *