DPRD Desak Pusat Tetapkan Tapal Batas

19-ft cr4 Truk bermuatan menjulang tinggi, yang setiap hari berseliweran dan bongkarBAGANBATU — DPRD Rokan Hilir meminta kepada pemerintah pusat agar segera menyelesaikan persoalan tapal batas wilayah antara Provinsi Riau dengan Sumatera Utara (Sumut) yang sampai sejauh ini belum ada kejelasannya

Demikian ditegaskan oleh Wakil Ketua DPRD Rokan Hilir, Drs Syarifuddin MM ketika dihubungi melalui ponselnya, Rabu (20/1) kemarin.” Ya kita atas nama DPRD Rokan Hilir mendesak kepada pemerintah pusat agar segera menentukkan serta menetapkan titik tapal batas antara Riau-Sumut tersebut,” ujarnya.

Dirinya juga menerangkan, bahwa pengajuan persoalan tapal batas tersebut sudah lama diajukkan. ” Sudah lama memang hal tersebut diajukan, tapi sampai saat ini masih mandeg dimeja Kemendagri,” terang Syarifuddin kembali.

Bahkan dirinya sepakat dengan sikap Pemkab Rokan Hilir yang tetap berpedoman pada pilar 153. ” Kita tetap berpedoman pada pilar 153. Berarti kita sepakat dengan pemkab yang juga bertahan pada pilar 153 tersebut,” jelasnya. Padahal, lanjut praktisi partai PKB ini persoalan tapal batas tersebut dapat membuat pembangunan terhambat. ” Ini jelas menjadi kendala, karena kita tidak ada kepastian letak dari daerah itu sendiri,” tegasnya.

Hal ini menurutnya karena pemeritah daerah tidak memiliki kewenangan. ” Persoalan tapal batas wilayah antara Provinsi Riau-Sumut itu adalah merupakan kewenangan pemerintah pusat dalam hal ini Dirjen Kemendagri, jadi pemkab dan Pemprov juga tak ada kewenangan,” ungkapnya lagi.Oleh karena itu, tambahnya lagi dalam waktu dekat Pemkab Rokan Hilir akan segera meningkatkan status kepenghuluan “Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan, khusus daerah kepenghuluan pemekaran akan kita defenitifkan dan menunjuk Pjs nya. Selain itu kita juga akan membangun infrastruktur sebagai tanda bahwa daerah itu berada dikawasan kabupaten Rokan Hilir,” tambah Syarifuddin kemarin. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *