Hari Menanam Pohon: 12 Ribu Pohon Ditanam di Pekanbaru

> Wako: Ini Untuk Keberlangsungan Hidup di Masa Mendatang

2-ft yandi Walikota Pekanbaru menanam pohon Durian di Lanud Roesmin NurdjadinPEKANBARU – Walikota Pekanbaru DR.H. Firdaus ST.MT membuka secara resmi penggunaan hutan wisata dalam rangka memperingati Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional (HMPI dan BMN) tahun 2015 di Komplek Pangkalan Udara Roesmin Nurdjadin Pekanbaru, Rabu(2/12) kemari yang ditandai dengan penannaman pohon.

Singkat, gerakan yang dilatarbelakangi oleh perubahan iklim secara global yang dampaknya adalah terganggunya ekosistem, kondidi cuaca ekstrim, terganggunya sistem tata air DAS, dan ancaman terjadinya bencana alam (banjir, tanah longsor dan kekeringan) serta terganggunya ketahanan pangan nasional sehingga ditetapkan bahwa setiap tahun pada tanggal 28 Nopember dilakukan peringatan HMPI dan BMN Dan di tetapkan dengan Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008.

Dalam kesemptan itu, terlihat hadir Danlanud Roesmin Nurdjadin, Marsekal Pertama TNI Henri Alpiandi, Kadis Kehutanan Propinsi Riau, Badrizal Labai dan para asisten serta para Kadis dan Kepala Badan di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru. Satu persatu dari mereka melakukan penanaman pohon di komplek Lanud Roesmin Nurdjadin Pekanbaru.

Usai melakukan penanaman pohon, Walikota Pekanbaru melakukan penyerahan secara simbolis bibit pohon kepada masyarakat untuk ditanam sebagai pelindung dan upaya penghijauan di lingkungan rumah masing-masing,
Jenis tanaman pohon yang dibagikan kepada masyarakat diantaranya jenis pohon Mahoni, Matoa, Ketapang, Sukon, Mangga, Durian, Petai, Pulai, dan pohon Kecapi. Ada 12 ribu pohon yang disiapkan, dan ini akan di distribusikan ke setiap kecamatan yang ada di Kota Pekanbaru.

“Mari sama-sama untuk senantiasa menanam satu pohon dalam lingkungan Rumah Tangga kita, selain dapat dimanfaatan buahnya juga sebagai pohon pelindung karena berguna untuk terciptanya oksigen dan udara yang sehat. Ini untuk kelangsungan hidup generasi muda bangsa di masa yang akan datang.”katanya kepada wartawan.

Usai penanam pohon Walikota Pekanbaru juga membuka penggunaan hutan wisata seluas 10 hektar dan hutan kota seluas 26 hektar berdasarkan SK Wako nomor 268 tahun 2011. Wako dan rombongan meninjau hutan wisata dan melakukan mancing bersama di kolam ikan di konplek Lanud Rroesmin Nurdjadin Pekanbaru. (ADV/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *