INVESTOR ASAL JEPANG Jajaki Investasi di Dumai

INVESTOR JEPANGDUMAI — Walikota Dumai mengadakan pertemuan dengan investor asal Jepang yang bergerak di bidang teknologi pengolahan air bersih yaitu perusahaan TOREY. Pertemuan dalam rangka penjajakan dalam upaya percepatan penuntasan program air bersih tersebut diadakan di kantor walikota Dumai selasa (5/4) mulai pukul 10.00 WIB.

Hadir pada pertemuan tersebut Sekretaris Daerah Kota Dumai H Said Mustafa, Kepala Bappeko Dumai Marjoko Santoso, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan sejumlah kepala SKPD. Sementara tim Torey Jepang dihadiri oleh 4 orang perwakilan dari Jepang dan 2 orang dari Australia.”Teknologi pengolahan air bersih Torey tersebut merupakan teknologi paling mutakhir dan mampu mengolah air laut, sungai, gambut, dan limbah,” ujar Walikota Dumai H Zulkifli As melalui  Kabag Humas dan Infokom, Basri AP.

Dalam persentasi yang mereka sampaikan, teknologi ini telah dipakai di berbagai negara maju di dunia. Biaya yang dikeluarkan untuk pengolahan air bersih tergolong ekonomis dan terjangkau. Di Indonesia, teknologi ini baru perdana diperkenalkan. Kota Dumai Mendapat kesempatan pertama mengaplikasikannya jika nantinya berhasil dikembangkan di daerah ini.

Teknologi yang ditawarkan Torey ini mulai dari kapasitas kecil berkisar 150 meter kubik perhari hingga 1.000 meter kubik perhari, dan kapasitas medium hingga kapasitas 10.000 meter kubik perhari. Dalam pengolahan air, tidak menggunakan bahan kimia. Melainkan berupa penggantian membran penyaring yang dilakukan 4 bulan sekali. “Papua Nugini adalah negara yang telah berhasil mengatasi pasokan air bersih dengan menerapkan teknologi ini. Dumai diharapkan menyusul,” kata Basri.

Menurut Basri, pertemuan tersebut merupakan tekad walikota Dumai untuk menyelesaikan persoalan air bersih hingga tuntas. ”Pertemuan tersebut ditindaklanjuti oleh tim dari Torey bersama beberapa kepala SKPD langsung turun ke berapa titik lokasi potensial sumber air yang ada dikota Dumai,” katanya. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *