Jangan Mau Ditipu “Calo”, Meranti Dapat Kuota Khusus Penerimaan Polri

penerimaan-polwan-2015SELATPANJANG-Tersebab kurang jumlah personil, serta minimnya animo masyarakat Meranti untuk menjadi anggota Polisi, Kabupaten Meranti dijanjikan akan mendapat kuota khusus dalam penerimaan anggota Polri 2017 mendatang.

Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Barliansyah menjelaskan, berdasarkan standar Mabes Polri, setiap Polres setidaknya memiliki 700 ratusan personel sedangkan jumlah yang dimiliki oleh Polres Meranti saat ini hanya berjumlah 360 polisi.

“Artinya kita baru 40 persen saja dibandingkan standar yang ditetapkan Mabes Polri,” ungkap Barliansyah, Jumat (23/12).

Selain itu Bali juga menambahkan, animo masyarakat di kabupaten bungsu di Riau ini untuk menjadi anggota Polisi masih sangat rendah. Itu terlihat dalam dua tahun terakhir, hanya sekitar 20 orang yang mendaftar.

“Yang diterima hanya dua. Ini sangat kecil sekali mengingat kebutuhan yang cukup besar. kita berharap sosialisasi ini bisa menjadi motivasi dan meningkatkan minat masyarakat menjadi anggota polisi,” ujarnya.

Untuk menindak lanjuti hal ini, pihaknya telah melakukan sosialisasi beberapa hari yang lalu. Dalam melakukan sosialisasi tersebut diikuti ratusan siswa kelas III SMA sederajat itu, dihadiri langsung oleh Karo SDM Polda Riau, Kombes Benny Subandi, Kabag Dalpers Polda Riau, AKBP Hasyim dan sejumlah perwira lainnya, termasuk dokter dan psikolog dari Polda.

Disamping itu dirinya belum bisa mengungkapkan dan memastikan berapa jumlah kuota yang akan diberikan kepada Kabupaten Kepulauan Meranti, melainkan memastikan akan terus meperjuangkan hak putra daerah yang memiliki minat untuk bergabung menjadi Polisi.

“Akan di analisa dulu berapa jumlah peminat atau pelamar dari Meranti dan berapa jumlah kuota yang diberikan Mabes untuk Polda Riau. Dari hasil itu akan kita teruskan ke Kapolda,” jelas Kombes Benny.

Adapun kuota yang diberikan untuk Polda Riau sebanyak 250 brigadir dan 8 di Akpol.

“Setidaknya ada satu yang lolos Akpol dari Meranti karena belum pernah ada sebelumnya,” harap Barli.

Dia juga memastikan rekrutmen anggota Polri akan mengedepankan kualitas dan tidak akan dipungut biaya sepeser pun sesuai dengan slogan Bersih, Transpaaran, Akuntabel dan Humanis (Betah).

“Ingat, tidak pungutan biaya. Jadi jangan percaya kalau ada oknum yang mengaku bisa membantu adik-adik sekalian agar lolos menjadi anggota Polri. Tidak ada yang bisa membantu, hanya kualitas yang menentukan. Jadi persiapkan diri dan pelajari semua persyaratannya,” tegas Barli.(*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *